Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/03/2015 15:52 WIB

Tantowi Yahya: Pemerintah Harus Libatkan Tokoh Agama Atasi Radikalisme

Tantowi Yahya
Tantowi Yahya

JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya mendorong pemerintah untuk melibatkan tokoh agama dalam menangkal paham radikalisme.

"Pemerintah dapat mengajak tokoh masyarakat, guru, atau para kiai dan ulama untuk memberikan pencerahan sejak dini kepada masyarakat baik bersifat formal maupun non formal. Ini yang saya sebut upaya persuasif dan edukatif"

Menurut Tantowi, pemerintah harus terlebih dahulu mencari akar permasalahan mengapa ajaran radikal tsb dapat diterima oleh masyarakat.

"Kita harus cari dulu akar masalahnya, saya yakin persamaan ideologi bukanlah menjadi alasan utama mereka mengikuti paham tersebut namun lebih kepada faktor ekonomi. Nah, mereka ini harus disadarkan" ujarnya.

Lebih lanjut, Tantowi mengatakan perlunya ada gerakan yang persuasif dan edukatif dari pemerintah dan para tokoh agama untuk memberikan penjelasan mengenai paham radikalisme yang dapat berdampak buruk bagi bangsa ini.

"Namun apabila mereka memang melakukannya dengan alasan ideologi dengan kesadaran penuh, maka pemerintah harus menggunakan kekuasaannya agar gerakan ini tidak menyebar luas di Indonesia" katanya memperingatkan.

Paham radikalisme yang muncul di Indonesia diwaspadai akan menjadi suatu gerakan terorisme yang dapat mengganggu stabilitas keamanan yang ada di Indonesia.

Penyebab dari timbulnya paham radikalisme ini diantaranya adalah akibat penegakan aturan hukum yang belum maksimal, kurangnya keadilan yang ada di masyarakat, kurangnya pemberdayaan ekonomi, pendidikan yang tidak diutamakan dan tidak adanya sosok pemimpin yang dapat menjadi panutan rakyat.***



Wartawan: Boy Aditya

Editor :
- Dilihat 1823 Kali
Berita Terkait

0 Comments