Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 06/03/2021 12:38 WIB

Positif Covid-19 Karawang Meroket 400 Kasus Sehari Akibat Klaster Banjir

Ilustrasi banjir Karawang
Ilustrasi banjir Karawang
KARAWANG, DAKTA.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat  Acep Jamhuri menyatakan kasus positif Covid-19 di daerah itu meningkat hingga terjadi penambahan 400 kasus dalam sehari menyusul munculnya klaster banjir di daerah tersebut.
 
"Penambahan warga Karawang yang terkonfirmasi positif Covid-19 cukup signifikan pada Kamis 4 Maret 2021, hingga mencapai 400 kasus dalam sehari," katanya di Karawang, Jumat malam, 5 Maret 2021.
 
Ia menjelaskan bahwa setelah banjir surut di Karawang pihaknya langsung melakukan rapid test antigen di sejumlah wilayah banjir yang dilakukan oleh Satgas COVID-19 di daerah itu.
 
Dari hasil tes cepat antigen tersebut diketahui terdapat penambahan kasus positif Covid-19 hingga puncaknya terjadi pada Kamis 4 Maret 2021 yang mencapai 400 orang.
 
"Kami sebelumnya sudah mewaspadai banjir di Karawang yang berpotensi meningkatkan pasien COVID-19. Karena saat banjir terjadi kerumunan dan sulit dikendalikan. Begitu juga di tempat pengungsian, meski sudah kita atur tapi kerumunan tetap terjadi. Apalagi pengungsi banyak mengabaikan protokol kesehatan," katanya.
 
Ia mengatakan hingga kini pihaknya masih terus melakukan tes cepat antigen di wilayah bekas kebanjiran. Namun karena keterbatasan tenaga, maka dilakukan secara bertahap.
 
"Banjir kemarin cukup luas, terjadi di sekitar 17 kecamatan. Kami kesulitan jika melakukan rapid antigen secara serentak. Apalagi kami masih menangani klaster industri, jadi cukup repot, " kata Acep Jamhuri.
 
Sementara itu, pada Jumat ini total konfirmasi positif COVID-19 di Karawang mencapai 13.301 orang. Dibandingkan sehari sebelumnya terjadi penambahan 398 orang.
 
Dari jumlah total konfirmasi positif Covid-19 itu, sebanyak 803 orang di antaranya masih dirawat, 395 orang meninggal, dan 12.103 orang dinyatakan sembuh. 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Tempo.co
- Dilihat 1662 Kali
Berita Terkait

0 Comments