Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 06/03/2021 11:59 WIB

Resmi! IBL 2021 Begulir 10 Maret

Ilustrasi IBL
Ilustrasi IBL
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepolisian akhirnya mengizinkan pelaksanaan Indonesia Basketball League (IBL) 2021. Kompetisi level nasional itu bergulir 10 Maret.
 
Awalnya IBL direncanakan bergulir 15 Januari hingga 22 Maret. Tapi, diputuskan mundur hingga 10 Maret karena situasi pandemi virus corona yang tidak terkendali di awal tahun.
 
"Kami menerima surat izin dari kepolisian pada 21.24 WIB (Jumat, 5/3) dan diteruskan informasi utamanya kepada para klub-klub IBL dan mitra sponsor, pendukung. Alhamdulillah, IBL 2021 dipastikan bergulir," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam keterangan rilisnya.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia, Kemenpora, BNPB, Kementerian Kesehatan dan semua pihak yang telah membantu hingga IBL 2021 dapat digelar," sambungnya.
 
Kompetisi basket level nasional ini akan berlangsung dalam dua fase. Fase pertama akan bertempat di Robinson Cisarua Resort. Tahap pertama kompetisi ini akan menyelenggarakan babak regular yang dimulai 10 Maret hingga 10 April untuk penyelenggaraan pertandingan empat seri.
 
Rinciannya antara lain, seri pertama digelar 10-15 Maret, seri kedua berlangsung 18-23 Maret, berlanjut seri ketiga pada 26- 31 Maret dan ditutup seri keempat 5-10 April.
 
Setelah babak reguler akan dilanjutkan dengan fase kedua yang meliputi babak playoff, semifinal, dan final. Lokasi yang dipilih Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara, mulai 23 Mei sampai 6 Juni.
 
Perincian jadwal fase kedua diawali dengan babak play off 23-25 Mei, berlanjut dengan semifinal pada 27-29 Mei dan final dengan format best of three digelar pada 3-6 Juni. Kedua fase rencana dijalankan secara tertutup, karantina gelembung dan tanpa penonton.
 
Junas mengharapkan agar seluruh pihak bisa dapat saling bekerja sama. "Hal ini merupakan awal baik dari kembalinya perjalanan bola basket nasional pasca genap 1 tahun terhenti sejak pandemi," katanya.
 
"Dengan proses persiapan yang cukup panjang, diharapkan seluruh pihak terlibat dapat bekerja bersama-sama secara maksimal dan saling menjaga kepercayaan yang diberikan."
 
IBL sempat dihentikan sementara pada Maret 2020. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.
 
Sempat ada upaya memutar kembali pada 13 Oktober 2020 dengan sistem bubble tapi tidak jadi. Kepolisian tak memberikan restu liga digelar dan kompetisi musim 2020 disetop tanpa juara.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikSport
- Dilihat 1544 Kali
Berita Terkait

0 Comments