Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 26/02/2021 15:18 WIB

BPBD Kota Bekasi : 29 Rumah Terdampak Puting Beliung

Pohon tumbang di Jalan Poso 6, Villa Indah Permai, Bekasi Utara [Foto : Ibnu/Dakta]
Pohon tumbang di Jalan Poso 6, Villa Indah Permai, Bekasi Utara [Foto : Ibnu/Dakta]
BEKASI, DAKTA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyebutkan hujan badai disertai angin puting beliung merusak 25 rumah warga di Kecamatan Bekasi Utara dan Medan Satria. Saat ini, pemerintah setempat masih melakukan penanganan di lokasi bencana tersebut.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa mengatakan, cuaca ekstrem menyebabkan dua wilayah dilanda angin puting beliung, menyebabkan 29 rumah terdampak, kejadian pohon tumbang dan sebagian menutup akses jalan, tanah longsor di dua titik, serta satu rumah roboh.
 
"Ada tiga tenda pengungsian roboh di Kecamatan Medan Satria, Kelurahan Teluk Pucung dan PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) Harapan Baru," katanya. Bencana angin puting beliung yang melanda Kecamatan Bekasi Utara, dan Medan Satria dilaporkan tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa. 
 
Di Kecamatan Bekasi Utara angin puting beliung melanda di RT 01–05, RW 004 Kelurahan Kaliabang Tengah, sebanyak 19 KK terdampak. Di Kecamatan Medan Satria, melanda Kelurahan Pejuang di RW 20, RT 01, 02, 07 pukul 00.15 WIB, sebanyak 9 KK terdampak, menurut data sementara. 
 
Di Kecamatan Bekasi Timur angin puting beliung terjadi di Perumahan Duren Jaya, Jalan Manggis Raya Blok A Nomor 441 RT 8/RW 12. Kerugian material berupa jebolnya atap rumah hingga kanopi terbang, dan pagar rumah terangkat. "Di wilayah ini tidak sampai merusak rumah warga," ungkapnya.
 
Di Kecamatan Bekasi Utara terdata lima pohon tumbang berada di Jalan Raya Perjuangan Nomor 88, RT 001/008 Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara (depan Naga Swalayan), di Jalan KH. Muchtar Tabrani, Gg. Perwira 8 RT 04/05 (belakang Masjid Jamie An-Nur), dan sepanjang Perumahan Alinda 1 sampai dengan Rawa Silam II, Kaliabang Tengah. 
 
Pohon tumbang juga terjadi di depan Gudang Mitsubishi, Kaliabang Tengah, dan Perumahan Villa Indah Permai RT 03/036 Blok H7 Kelurahan Teluk Pucung. Hujan deras di Kecamatan Medan Satria menyebabkan dua pohon tumbang di Jalan Pangeran Jayakarta, depan Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria.
 
Sementara pohon tumbang hingga tercabut akarnya di Kelurahan Kali Baru, mengakibatkan miringnya tiang telekomunikasi dan tiang PJU. Hujan deras di wilayah Kecamatan Bekasi Timur mengakibatkan dua pohon tumbang hingga menutup akses jalan, di Jalan Raya Mekarsari, dekat Kecamatan Bekasi Timur.
 
Kejadian dua longsoran tanah terdata di Kecamatan Jatiasih, berada di Perumahan Sapta Pesona RT 05/RW 08 Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, yang mengakibatkan satu bangunan tempat tinggal mengalami kerusakan ringan dengan lebar 5 meter, panjang 10 meter.
 
Lalu di Perumahan Sakura Regency, Jalan Bunga Sakura Utama Blok E yang hampir menggerus bahu jalan sepanjang 40 meter dan lebar 2 meter. Sementara hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Bantargebang menyebabkan rumah roboh di RT 02/RW 08 Kelurahan Bantargebang, Kota Bekasi.
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1075 Kali
Berita Terkait

0 Comments