Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 24/02/2021 14:15 WIB

19.433 Hektar Sawah di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Lahan persawahan (istimewa)
Lahan persawahan (istimewa)
CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mencatat sedikitnya ada belasan ribu hektar sawah terdampak bencana banjir yang melanda di 19 Kecamatan di Kabupaten Bekasi.
 
”Lahan pertanian warga yang terdampak hampir di 19.433 hektar pertanian milik warga,” kata Kabid Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Lesmanasari, Rabu (24/2).
 
Lahan pertanian paling terdampak berada di wilayah Utara Bekasi tepatnya di Kecamatan Pebayuran, Sukatani Sukakarya, Sukawangi, Cabangbungin, Tambelang dan wilayah lainnya.
 
Saat ini, pemerintah telah meninjau secara langsung pesawahan yang terdampak banjir cukup parah berada di Kecamatan Pebayuran. Dari pemantauan padi yang terdampak banjir kebanyakan berusia antara 30 - 60 hari.
 
”Rentang usia padi yang terdampak bencana banjir yang menyebabkan rusaknya tanaman padi milik petani usianya berkisar antara 30 - 60 hari usia tanam,” ungkapnya.
 
Eem menambahkan, pemerintah telah memiliki data luasan sawah yang terdampak banjir. Pemberian bibit akan dilakukan setelah adanya penanganan tanggul jebol sungai Citarum tersebut.
 
”Nanti kita lihat situasinya, kapan mulai dilakukan pembibitan kembali. Yang jelas kami sudah punya datanya dan petani sudah diinformasikan,” ujarnya.
 
Khusus lahan pertanian warga yang terdampak banjir akan mendapatkan bantuan pengadaan bibit untuk membantu para petani yang sawahnya terdampak banjir. Rencananya, pemerintah mengalokasikan anggaran dari APBD 2021 untuk pengadaan bibit sebanyak 11.000 ton untuk petani.
 
”Untuk kekurangan 8000 ton bibit diusulkan ke Jawa Barat,” pungkasnya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1614 Kali
Berita Terkait

0 Comments