Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/02/2021 09:33 WIB

Cegah Banjir, Pemkot Bekasi Akan Bangun 2 Polder Disekitar Kali Cakung, Bekasi Barat

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Meninjau Lokasi Aliran Kali Cakung Bekasi Barat
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Meninjau Lokasi Aliran Kali Cakung Bekasi Barat
BEKASI SELATAN, DAKTA.COM - Pemkot Bekasi akan membangun dua polder disekiar Kali Cakung, Bekasi Barat. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir titik banjir saat musim hujan tiba dan mencegah luapan air dari Kali Cakung.
 
"Arahan Pak Wali Kota, sekitar empat atau lima (polder), di (perumahan Bumi) Nasio, Graha Indah, Kota Bintang, sama sekitar Kranji. Tapi Pak Wali Kota minta minimal dua dulu yang direalisasikan, itu sudah lumayan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Bina Marga dan SDA Kota Bekasi, Zainal Abidin, Selasa (23/2). 
 
"Sedang disiapkan lahannya dulu, ada pembebasan lahan dan penetapan lokasinya. Kalau Pak Wali Kota minta segera," lanjut Zainal.
 
Sementara pembangunan polder air, di dekat perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih disebut sudah ditetapkan lokasinya, yaitu di lahan milik Trans Studio seluas 2 hektar, dengan mekanisme kompensasi. 
 
"Yang perlu pembebasan yang di Kranji itu, dekat Jalan I Gusti Ngurah Rai dan beberapa lokasi yang lagi disurvei pembebasan," ujar Zainal.
 
Pembangunan polder air didekat aliran Kali Cakung, sebab penanganan di Kali Bekasi menjadi ranah Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR RI. 
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 709 Kali
Berita Terkait

0 Comments