Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/02/2021 09:20 WIB

Pentingnya Menjaga Imun pada Anak Ditengah Pandemi

Bicang Sehat Dakta Bersama RS Keluarga Bekasi Timur
Bicang Sehat Dakta Bersama RS Keluarga Bekasi Timur
BEKASI, DAKTA.COM - Menjaga kesehatan di tengah pandemi menjadi perhatian serius khususnya terhadap anak - anak. Menerakan protokol kesehatan (prokes), seperti menggunakan masker menjadi tantangan agar anak terbiasa dengan kondisi baru ini.
 
"Kita harus maksimal mengikuti prokes. Bagaimanapun kita dipaksa berdampingan dengan covid 19," jelas dr. Muhamad Kahfi Sp.A dari RS Mitra Keluarga Bekasi Timur dalam Bincang Sehat melalui virtual bertema; 'Menjalankan Protokol Kesehatan Pada Anak di Era New Normal' pada Jumat (19/2).
 
Ia menjelaskan, hal yang mudah dilakukan minimal mengikuti anjuran pemerintah seperti mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menggunakan masker.
 
"Kalau kita bawa bayi keluar, bisa menggunakan stroller dan itu ada tutupnya. Tapi kalau anak menggunakan masker memang agak sulit bertahap kita ajarkan,"  ujar dr. Kahfi.
 
Ia menyarankan, agar anak di atas dua tahun menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. "Kita hanya bisa mencegah. Karena virus obatnya  belum ada," tutur dr. Kahfi.
 
Ia memaparkan, dalam menjaga kekebalan imun banyak cara yang dapat dikonsumsi yang sebenarnya mudah ditemui disekitar masyakarat. Diantaranya mengkonsumsi vitamin dari sayur, ikan dan buah.
 
"Vitamin pada anak sangat penting. sebenarnya bisa didatangkan dari makanan yang kita makan. vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh untuk menjaga sistem imun kita," tegas dr. Kahfi.
 
Ia menyebutkan seperti vitamin A masyarakat dapat mengkonsumsi Pepaya dan Brokoli. Ini untuk mencegah terinfeksi saluran nafas dan juga mencegah dari penularan kuman.
 
"Vitamin C antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dapat ditemui dengan mudah yakni dengan mengkonsumsi Jeruk dan Pepaya," ujarnya.
 
Untuk untuk vitamin D membantu metabolisme kalsium tulang dapat dilakukan dengan cara berjemur saat matahari terik dan ini sudah mendapatkan vitamin alami.
 
"Kita juga butuh zat besi seperti mengkonsumsi ati ayam. Semua mudah dilakukan dengan cara makan berimbang," papar dr. Kahfi.
 
Ia juga menekankan pentingnya imunisasi pada anak yakni dengan memperhatikan kondisi rumah sakit yang telah menerapkan protokol kesehatan.
 
Anda ingin konsultasi dengan dr. Kahfi? Silakan datang ke RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Jadwal praktek hari Selasa dan Jumat pukul 17.00 - 21.00 WIB.
 
Ada paket promo yang dapat Anda manfaatkan yakni paket skrining cofid 19. Ada paket keluarga yaitu paket PCR tes untuk 2 orang, 1 orangnya menjadi Rp840 ribu. Sedangkan untuk 3 orang, 1 orangnya menjadi Rp830 ribu.
 
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi 021 8999 9222.
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 352 Kali
Berita Terkait

0 Comments