Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/02/2021 14:27 WIB

Longsor Turap Rawa Tembaga, Bekasi: Kontruksi Turap Sudah Berusia 20 Tahun

lokasi longsor mengakibatkan enam tenant di Kawasan Kuliner Bekasi roboh
lokasi longsor mengakibatkan enam tenant di Kawasan Kuliner Bekasi roboh

BEKASI SELATAN, DAKTA.COM - Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Widayat Subroto Hardi mengatakan longsor turap Rawa Tembaga mengakibatkan panjang longsoran sekitar 32 meter dan kedalaman 5.5 meter.

 

“Untuk menangani lonsor Kali Rawa Tembaga, kita telah melakukan langkah tindak lanjut penanganan longsor turap Kali Rawa Tembaga dengan menurunkan personil untuk evakuasi bangunan dan pohon tumbang. Kemudian tindak lanjut penanganan diusulkan melalui penanganan darurat dan permanen,” papar Widayat kepada Dakta dilokasi peninjauan, Selasa (16/2) siang. 

 

Dijelaskan Widayat dalam laporannya, longsor turap disebabkan beberapa faktor, pertama kontruksi turap sudah berusia 20 tahun sehingga kekuatan kontruksi sudah tidak optimal. Lalu curah hujan tinggi sejak awal 2021, terutama pada tanggal 21, 24 Januari dan 8 Februari 2021.

 

Dilokasi turap Rawa Tembaga juga terdapat vegetasi pohon besar yang berada di badan konstruksi sehingga, lanjut Widayat, ketika pohon tertiup angin kencang dan akar pohon tidak kuat mengikat struktur tanah, maka pergerakan tersebut memengaruhi stabilitas turap.

 

“Air buangan kawasan kuliner Center Point langsung dialirkan ke badan Kali Rawa Tembaga sehingga stabilitas tanah di bantara kalo terganggu,” pungkasnya.

 

Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 544 Kali
Berita Terkait

0 Comments