Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/02/2021 13:41 WIB

Wapres Amin Dorong Polri Aktif Kawal Program Vaksinasi

Wakil Presiden Ma ruf Amin
Wakil Presiden Ma ruf Amin
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong Kapolri dan seluruh jajaran kepolisian mengawal dan memberikan dukungan penuh untuk keberhasilan program vaksinasi Covid-19 nasional. Karena itu, program vaksinasi ini harus berhasil dan tidak boleh gagal. 
 
"Saya ingin mengulangi kembali tugas ini tidak boleh gagal dan harus berhasil serta tuntas, karena vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk menekan dan mencegah penularan virus Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan secara ketat," kata Wapres dalam acara penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkungan Polres/ Polresta/ Polrestabes/ Polres Metro Tahun 2020 secara daring, Selasa (16/2).
 
Wapres menjelaskan, vaksinasi bisa berhasil jika mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity atau kekebalan komunitas. Untuk mencapai kekebalan komunitas itu. Sasarannya mencakup 182 juta atau sekitar 70 persen dari jumlah penduduk Indonesia harus divaksin.
 
Karena itu, Presiden Joko Widodo menandatangani Perpres Nomor 14 Tahun 2021 yang berisi penegasan Vaksinasi Covid-19 wajib bagi orang yang telah terdaftar dalam register Kementerian Kesehatan dan memenuhi persyaratan sebagai sasaran vaksinasi.
 
Selain itu, Perpres 14/2021 juga menetapkan sanksi administratif bagi mereka yang menolak atau menghalangi vaksinasi Covid-19. "Dalam kaitan itulah, pada kesempatan yang baik ini saya meminta Kapolri dan seluruh jajaran Kepolisian untuk mengawal dan memberikan dukungan penuh bagi keberhasilan pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19," kata Ma'ruf.
 
Namun demikian, Ma'ruf menilai kesuksesan vaksinasi juga membutuhkan peran masyarakat itu sendiri. Ia pun ingin mengajak seluruh masyarakat selain mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, juga melakukan vaksinasi Covid-19.
 
Sebab, vaksinasi menurut Maruf sebagai perwujudan dari pelaksanaan Sila Kedua dan Sila Ketiga dari Pancasila. Ini lantaran melaksanakan vaksinasi dan protokol kesehatan adalah langkah kemanusiaan yang adil dan beradab.
 
Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 520 Kali
Berita Terkait

0 Comments