Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 15/02/2021 15:59 WIB

Polres Metro Bekasi Tambah 3 Titik Alat E - TLE

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan
CIKARANG, DAKTA.COM - Polres Metro Bekasi akan meningkatkan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).
 
Hal itu dilakukan dalam mewujudkan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
 
"E-TLE kita sudah ada tiga titik, tahun ini akan kita tambah 2-3 titik lagi," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan pada Senin (15/2).
 
Hendra menuturkan tiga lokasi E-TLE itu berada di simpang Sentra Grosir Cikarang (SGC), Jalan R.E. Martadinata, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.
 
Selanjutnya, di Lippo Cikarang Mall, Jalan M.H. Thamrin, Cikarang Selatan dan di bundaran golf Jababeka, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.
 
Penerapan E-TLE di ketiga titik itu, kata Hendra, juga akan dimaksimalkan agar proses penilangan pelanggaran lalu lintas dapat berjalan dengan baik.
 
"Setelah evaluasi kemarin, ada beberapa item kelengkapan yang harus diupgrade. Seperti kameranya, sistem monitoring, pendataanya, kemudian juga sistem jaringan internetnya. Kita akan upgrade lagi supaya lebih canggih," tuturnya.
 
Untuk penambahan titik baru E-TLE, lanjut Hendra, didapatkan dari hibah Pemerintah Kabupaten Bekasi. Terkait titik pemasangan baru, masih dalam pembahasan serta koordinasi dengan pemerintah daerah.
 
Tentunya penambahan E-TLE baru akan dipasang di lokasi yang padat dilintasi kendaraan.
 
"Jadi selain untuk menindak pelanggaran lalu lintas, E-TLE ini juga untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku kejahatan," ungkapnya.
 
Hendra sangat mendukung adanya peningkatan tilang elektronik di jalan raya. Hal itu, guna mengurangi kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di jalan raya.
 
Maka, itu dalam waktu dekat fasilitasnya akan segera ditingkatkan. Mulai dari rambu-rambu jalan, termasuk alat untuk E-TLE tersebut.
 
"Upaya tilang elektronik ini, dengan sendirinya tilang di jalan itu akan tereduksi. Walaupun belum semua, tapi bertahap akan dipasang dibanyak titik," paparnya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1282 Kali
Berita Terkait

0 Comments