Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 21/01/2021 11:32 WIB

Harga Daging Sapi Naik, Kementan: Ditingkat Produsen Stabil

peternakan sapi.ist
peternakan sapi.ist
JAKARTA, DAKTA.COM - Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, pergerakan harga daging sapi di tingkat produsen cenderung stabil pada awal tahun ini. 
 
Fluktuasi harga berkisar 1 persen dinilai merupakan situasi normal.
 
"Dari sisi produksi lokal, tidak ada masalah. Harga di tingkat eceran juga tidak naik drastis," kata Kepala Bidang Harga Pangan, BKP Kementan, Inti Pertiwi pada Kamis (21/1). Menurutnya, pergerakan harga daging sapi semestinya tidak menjadi isu besar lantaran fluktuasi harga yang cenderung landai.
 
Inti menjelaskan, perkembangan harga daging sapi di tingkat produsen hingga 19 Januari 2021 sebesar Rp50.061 per kilogram (kg). Harga tersebut naik 1,09 persen dari hari sebelumnya.
 
"Seharusnya ini tidak menjadi trigger sampai pasar kosong tidak ada yang jualan," jelas Inti.
 
Menurutnya dirinya, belum menemukan pangkal masalah dari harga daging sapi yang membuat adanya aksi mogok berjualan oleh para pedagang. "BKP Kementan siap memfasilitasi operasi pasar daging sapi beku dari para importir untuk stabilisasi harga jika diperlukan," jelas Inti.
 
Menurut dia, saat ini pasokan daging milik para importir masih memadai sehingga siap digunakan untuk upaya stabilisasi harga. "Sepertinya importir daging juga tenang-tenang saja, kami berhubungan dengan importir daging ya tinggal dikeluarkan saja dari masing-masing cold storage," katanya.
 
Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 571 Kali
Berita Terkait

0 Comments