Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/01/2021 12:15 WIB

Kepala BKPM Sebut Banyak Pengusaha Tak Taat Aturan

Ilustrasi pengusaha lokal
Ilustrasi pengusaha lokal
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal tingkah laku pengusaha di Indonesia. Ia menyebut beberapa pelaku usaha melakukan 'pencak silat' atau tak mengikuti aturan pemerintah.
 
"Ini kami jujur aja, Pak, ini ada yang ngeri-ngeri sedap dari kebijakan ini karena kami akan melayani baik pengusahanya, tapi pengusaha juga harus mengerti, harus melibatkan anak-anak daerah. Selama ini, Pak, pencak silatnya terlalu banyak juga ini pengusaha," kata Bahlil dalam Penandatanganan Komitmen Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/1).
 
Bahlil menegaskan kini tak ada lagi investasi yang masuk ke Indonesia tanpa melibatkan pengusaha daerah. Selain itu, pengusaha besar juga harus melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
"Arahan Pak Menko Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Panjaitan), beliau katakan bahwa tidak boleh pengusaha mengatur negara. Negara yang mengatur usaha. Kami akan melakukan komunikasi yang baik libatkan teman-teman daerah," ucap Bahlil.
 
Untuk itu, dalam menjalankan program ini, Bahlil meminta seluruh kepala daerah memastikan bahwa para investor yang hendak berinvestasi melibatkan para pelaku UMKM. 
 
Pada Januari 2021, kerja sama yang terjalin melalui program ini telah melibatkan 196 pengusaha besar dan 56 pelaku UMKM. Adapun nilai kerja samanya mencapai Rp 1,5 triliun.
 
Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 476 Kali
Berita Terkait

0 Comments