Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/01/2021 14:18 WIB

UPDATE. 36 Korban Meninggal Longsor Sumedang Ditemukan. Tersisa 4 Orang Belum Ditemukan

Sejumlah bangunan rusak parah akibat longsor di Sumedang
Sejumlah bangunan rusak parah akibat longsor di Sumedang
BANDUNG, DAKTA - Tim SAR (Search and Rescue) Gabungan telah menemukan 36 korban meninggal dunia akibat longsor yang terjadi di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.
 
Data tersebut merupakan update yang disampaikan Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan pada pukul 14.18 WIB kepada Dakta, Senin (18/1).
 
"Total 40 korban meninggal. 36 korban sudah ditemukan dan 34 korban diantaranya sampai pukul 11.00 WIB sudah berhasil diidentifikasi," jelas Dani.
 
Ia menjelaskan dari jumlah 40 korban, 5 orang diantaranya masih anak - anak dan sisa lainnya dewasa. "Saat ini seluruh korban sudah dievakuasi ketempat aman," ujar Dani.
 
Pencarian korban terkendala dengan cuaca hujan dan perlu diwaspadai longsor susulan, karena seperti yang diinformasikan Badan Geologi, masih ada retakan di beberapa titik lokasi longsor, sehinggga tim gabungan perlu menjaga keselamatan saat melakukan evakuasi.
 
Tim gabungan menggunakan 4 (empat) alat berat dalam proses evakuasi korban selama beberapa hari ke depan.
 
Data sementara sebanyak 1.020 jiwa mengungsi terbagi di pos pengungsian Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat yang aman dari potensi longsor.
 
 
Perlu diketahui longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini telah terjadi pada Sabtu (9/1), longsor terjadi dua kali, pertama pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB.
 
Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 665 Kali
Berita Terkait

0 Comments