Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/01/2021 08:49 WIB

Pemkot Bekasi Siapkan 120 Lokasi Vaksinasi Covid 19

Kadinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati kanan simbolis terima Vaksin Covid 19
Kadinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati kanan simbolis terima Vaksin Covid 19
BEKASI, DAKTA.COM - Sebanyak 120 layanan kesehatan akan menjadi lokasi vaksinasi untuk warga Kota Bekasi. 
 
“Jadi mencakup keseluruhan ada 120 tempat layanan vaksinasi yang ada di Kota Bekasi. Rinciannya 120 layanan akan terbagi di 46 rumah sakit, 42 puskesmas dan 32 klinik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Rabu (13/1).
 
Saat ini, vaksin Sinovac bagi warga Kota Bekasi disimpan di tempat dengan suhu yang sesuai. Pihak pemkot memilih Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Komp. Perum Bumyagara  Kelurahan, Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya, sebagai lokasi penyimpanan.
 
“Tempat vaksin ini kan memang harus memiliki suhu tertentu sehingga tidak mungkin menyimpan vaksin ini di tempat sembarangan,” jelas Tanti.
 
Untuk menyimpan vaksin, diperlukan cold chain agar kondisi vaksin tetap aman hingga digunakan ke warga. Tanti menuturkan, alternatif lain yang bisa dijadikan tempat penyimpanan adalah kulkas dua pintu. Meski umum dimiliki, namun kondisi kulkas tidak boleh dibuka tutup.
 
“Memang yang lebih dipunyai oleh semuanya yaitu dengan kulkas dua pintu dengan catatan itu tidak boleh di buka tutup. Kita mencoba yang amannya yaitu dengan standarnya menggunakan cold chain itu untuk menyimpan vaksin tersebut, karena harus dengan suhu tertentu,” tutur dia.
 
Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 943 Kali
Berita Terkait

0 Comments