Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 29/12/2020 14:44 WIB

Menkes Imbau Warga Tak Keluar Rumah 10 Hari Usai Liburan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin foto BNPB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin foto BNPB
JAKARTA PUSAT, DAKTA.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat agar tidak bepergian ke luar rumah maksimal 10 hari setelah libur panjang.
 
"Saya imbau ke teman-teman yang sekarang sedang liburan atau keluarganya sedang berlibur, melihat data ini alangkah baiknya bila setelah kita pulang nanti atau selama kita juga mempersiapkan masuk kerja nanti, kita lebih banyak melakukan kerja di rumah kita mengurangi mobilitas kita bergerak selama 5 sampai 10 hari," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).
 
Budi menjelaskan, penerapan protokol kesehatan membantu penanganan COVID-19, terutama bagi tenaga medis yang bertugas di rumah sakit. Dia meminta masyarakat memastikan kondisi kesehatannya dalam keadaan baik setelah liburan.
 
"Harapannya, kalau kita disiplin apalagi nanti sudah pulang liburan jangan langsung semuanya bergerak ke mana-mana, kalau bisa 5 hari dulu di rumah atau 10 hari dulu di rumah sampai terbukti kita sehat baru bekerja kembali," kata Budi.
 
Sebelumnya, untuk memastikan penanganan pasien COVID-19, Budi juga melakukan sidak ke sejumlah rumah sakit di Jakarta. Kemarin, Budi mengecek kesiapan penanganan COVID-19 ke RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu. Budi mengatakan sidak dilakukan untuk mengetahui kesiapan tempat tidur pasien COVID-19.
 
"Kita siap-siap dari sisi bed-nya, dokternya, perawatnya, obatnya. Kita pastikan siap agar nanti kalau ada masyarakat yang terkena dan jumlahnya sangat banyak kita sudah mengantisipasi sejak awal," katanya.
 

Budi menegaskan penambahan kasus setelah libur panjang biasanya terjadi setelah 14 hari. Dia memperkirakan kenaikan kasus terjadi pada 16-18 Januari.

"Sekarang kita persiapkan dari sekarang, karena pengalaman menunjukkan lonjakan itu terjadi 10 sampai 14 hari sesudah liburan selesai. Jadi kalau liburan selesai di tanggal 1 atau 2 Januari ini akan terjadi sekitar 16, 18. Kita ingin memastikan seluruh infrastruktur kesehatan di seluruh kota-kota besar yang terinfeksinya besar itu siap dan kami akan bekerja keras di liburan akhir tahun ini untuk memastikan ini siap," pungkasnya.

 
Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 623 Kali
Berita Terkait

0 Comments