Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 06/12/2020 09:10 WIB

56 Calon Kepala Desa di Kabupaten Bekasi Jalani Tes Swab

Ilustrasi alat swab test (ist)
Ilustrasi alat swab test (ist)
CIKARANG, DAKTA.COM -  Sebanyak 56 calon kepala desa (Cakades) yang akan maju kontestasi Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Bekasi menjalani swab test. 
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengatakan, tes swab menjadi salah satu bagian dari peraturan Pilkades di masa pandemi virus corona.
 
Semua Calon Kepala Desa wajib mengikuti tes swab untuk memastikan semuanya sehat. "Semoga hasilnya nanti sehat dan tidak ada yang negatif," kata Ida, pada Ahad (6/12).
 
Ida menjelaskan jika ada cakades yang positif corona, maka akan langsung dilakukan isolasi maupun perawatan. Dan, cakades itu juga tidak boleh keluar melakukan aktivitas.
 
"Pencalonannya tidak dibatalkan, tapi mereka wajib isolasi dirawat. Hak suaranya juga tetap ada nanti pencoblosannya jemput bola," ungkapnya.
 
Selain cakades, lanjut Ida, panitia Pilkades juga diwajibkan menjalani rapid test yang dilakukan empat hari sebelum pencoblosan.
 
"Sama panitia juga jika reaktif langsung dilakukan swab, jika positif juga langsung di isolasi dan dilakukan perawatan dan tidak dipekenankan menjalankan tugasnya," ungkap dia.
 
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bekasi dijadwalkan akan diadakan pada Senin, 13 Desember 2020.
 
Pilkades serentak Kabupaten Bekasi diiikuti oleh 16 desa, yaitu Desa Setia Mulya dan Desa Segara Makmur Kecamatan Taruma Jaya, Desa Telaga Murni, Desa Telajung dan Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat, Desa Cikarang Kota, Desa Karang Harja dan Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara.
 
Selanjutnya, Desa Karang Rahayu Kecamatan Karang Bahagia, Desa Sukalaksana Kecamatan Sukakarya, Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong.
 
Kemudian, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang Pusat, Desa Wibawa Mulya Kecamaran Cibarusah, Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan dan Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang.
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 947 Kali
Berita Terkait

0 Comments