Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/11/2020 12:19 WIB

KBM Tatap Muka, Wawalkot Tri: Tes Swab Dilakukan Secara Random

Wawalkot Bekasi Tri Adhianto
Wawalkot Bekasi Tri Adhianto
BEKASI SELATAN, DAKTA.COM - Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, jelang kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka kegiatan swab tes massal kepada guru dan murid di seluruh Kota Bekasi, tak akan dilakukan karena hal itu sudah pernah dilakukan di wilayahnya.
 
Namun demikian, diakui Tri, swab tes itu nantinya akan dilakukan secara random atau acak. "Toh, pada intinya swab dan rapid tes itu sudah dilakukan secara terbuka bagi warga masyarakat," kata Tri kepada Dakta, Rabu (25/11).
 
Akan tetapi, Tri menegaskan, bagi warga yang merasakan kondisi kesehatan yang lemah silakan melakukan tes rapid dan swab, karena hal itu masih dibuka oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) baik di stadion maupun di Rumah Sakit rujukan se-Kota Bekasi.
 
"Jadi, tak perlu dipaksakan artinya kami akan lakukan secara random saja. Hal ini kita berikan kesempatan kepada warga masyarakat dan orangtua, kalau pun itu perlu mereka lakukan," tuturnya.
 
Tri menyebut, keputusan pelaksanaan KBM tatap muka berdasarkan arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) itu, tentunya lagi disiapkan terus mulai dari SOP persiapan sekolah. Tapi, pada prinsipnya dengan kalau lihat angka yang ada, maka Kota Bekasi siap. 
 
Yang penting adalah, bagaimana pun ini dikembalikan kepada orangtua. Kita tak akan pernah memaksakan, karena ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama. Orangtua harus mengawasi, sekolah juga harus disiplin terkait dengan protokol kesehatan yang ada. 
 
"Jadi saya kira, nanti juga akan dilakukan secara bertahap ya tak sekaligus. Kita akan lihat eskalasinya, hari per hari dan tentunya akan ada evaluasi, apabila nanti mulai ada pergerakan kasus. Saya kira itu yah," tandasnya. 
 
Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 1447 Kali
Berita Terkait

0 Comments