Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 21/11/2020 14:36 WIB

Pemanfaatan Data Harus Dikelola dengan Tepat

Kepala Pusfatja LAPAN Dr.Rokhis Khomarudin kiri Bersama Ketua STMIK Bani Saleh Taufik Maulana kanan
Kepala Pusfatja LAPAN Dr.Rokhis Khomarudin kiri Bersama Ketua STMIK Bani Saleh Taufik Maulana kanan
BEKASI TIMUR, DAKTA.COM - Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN, Dr. Rokhis Khomarudin menjelaskan peran kemajuan teknologi sangat penting bagi suatu negeri. Melalui pengolahan data informasi yang tepat kini sudah tidak membutuhkan waktu yang lama tapi kini dapat dipangkas dengan waktu yang singkat.
 
"Teknologi dapat dimanfaatkan dalam pengolahan data untuk kepentingan mitigasi kebencanaan. Sehingga ini harus dilakukan oleh SDM unggul dan anggran yang memadai," kata Rokhis dalam Seminar Teknologi Informasi bertema: Implementasi Big Data Spasial dalam Mitigasi Bencana di Indonesia bertempat di STMIK Bani Saleh, Margahayu, Bekasi Timur, Sabtu (21/11).  
 
Ia menegaskan, dalam menciptakan pengolahan data harus memahami ruang lingkupnya yakni: memiliki standar data, standar metode untuk menghasilkan produk yang standar, membangun sistem otomatisasi dan memiliki flat foam.
 
"Sekarang sudah berjalan dan kita berkerja sama dengan BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk zona penangkapan ikan bagi nelayan. Jadi mereka beli handphone harganya Rp3 juta dan di dalamnya sudah kita pasang sistem. Jadi para nelayan sudah mengetahui kondisi terkini cuaca dan alhamdulillah tangkapan ikannya jauh lebih besar," ujar Rokhis.
 
Sementara ditempat yang sama Ketua Panitia, Rudi Budi Agung SSi MMSI mengatakan tujuan kegiatan tersebut ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa pengolahan data belum dioptimalkan secara umum. "Dengan ini kita paham, bahwa data itu ada tapi belum optimal," tegas Rudi.
 
Menurutnya, sejauh mana pengolahan data menjadi nilai sumber informasi, bagi suatu negara atau lembaga terkait. Data jika tidak diolah akan menjadi hal yang tidak berguna dan tidak menjadi kebermanfaatan.
 
"Untuk mengetahui data - data yang mungkin sudah ada dioptimalkan lagi tentang kebencanaan. Semoga ke depan kita paham tentang teknologi kebencanaan," ujarnya.
 
Turut hadir sebagai pemateri lainnya yakni: Koordinator Program dan Fasilitas Pusfatja LAPAN, Syarif Budhiman S.Pi, M.Sc Dosen STMIK Bani Saleh Hudi Kusuma B,ST, M. KOM dan Direktur Data Analitik PT. Indonesia Teknologi Perkasa Anton R,S.T, MM. Dan acara tersebut dihadiri langsung Ketua STMIK Bani Saleh, Taufik Maulana, DRS. MBA
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 641 Kali
Berita Terkait

0 Comments