Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/11/2020 12:47 WIB

Amphuri: Jemaah Umrah Akan Berangkat Lagi 22 November Mendatang

Ilustrasi jemaah umroh
Ilustrasi jemaah umroh
JAKARTA, DAKTA.COM - Indonesia kembali diberi kesempatan untuk memberangkatkan jemaah umrah pada 22 November 2020 mendatang. Sebelumnya pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara proses umrah jemaah luar negeri.
 
"Per tanggal 17 November (hari ini) kami dapat informasi kalau visa umrah Jemaah Pakistan sudah keluar ini menandakan kalau Visa Umrah tidak ditutup," jelas Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Z. Anshary kepada Dakta, Selasa (17/11).
 
Menurutnya tidak benar, jika visa umroh dihentikan namun yang dihentikan yakni visa turis. "InsyaAllah tanggal 22 November akan ada group Umrah dari Indonesia yang akan berangkat walaupun sampai sekarang Visanya belum dikeluarkan," jelas Zaky.
 
Zaky membenarkan bahwa sebelumnya proses visa umrah untuk Indonesia memang ditutup, tapi kini menurut sumber Amphuri, visa umrah kini telah dibuka kembali.
 
"Bahwa visa Umrah sudah bisa lagi, ada sumber yang kuat dari Muassasah yang mengeluarkan visa group perdana tanggal 1, 3 dan 8 November, tapi kemenag (yang mengatakan visa umrah terhenti) juga betul karena system visa Umrah sempat off 3-4 hari lalu untuk upgrade system yang menyebabkan group Umrah tanggal 15 November di reschedule ke tanggal 22 November," jelas dia.
 
Sebelumnya, Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi yang menyatakan bahwa Arab Saudi sedang melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan ibadah umroh.
 
"Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umroh bagi jemaah Indonesia," kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Oman Fathurahman dalam keterangan resminya, Senin (16/11) seperti dikutip Dakta.
 
Pernyataan tersebut jadi heboh karena dianggap bahwa visa jemaah umroh akan disetop. Nyatanya visa umroh dibuka namun yang ditutup untuk visa turis.
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 740 Kali
Berita Terkait

0 Comments