Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 16/11/2020 13:14 WIB

Kali Bekasi Berbusa Sebabkan Suplay Air Baku PDAM TP Terganggu, Ini Kata KP2C

Kali Bekasi tercemar limbah
Kali Bekasi tercemar limbah
BEKASI, DAKTA.COM - Distribusi air ke pelanggan PDAM Tirta Patriot (TP) belakangan ini terganggu. Pelangganpun mengeluhkan soal layanan penyedia air bersih milik Pemkot Bekasi itu.
 
Penyebabnya suplay air baku, yakni Kali Bekasi kembali berbusa. Para pelangganpun kecewa atas kejadian tersebut.
 
Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarman, mengatakan, limbah yang mencemari Kali Bekasi itu berasal dari Kali Cileungsi, Kabupaten Bogor.
 
“Limbah dari Sungai Cileungsi, kalau hari biasa itu biasanya numpuk di Curug Parigi, terus begitu tinggi muka air sungai naik, baru hanyut di Kali Bekasi,” terang Puarman kepada wartawan, Senin (16/11).
 
Dirinya belum mengetahui secara pasti asal usul limbah busa tersebut. Hanya saja, di sekitar area itu berdiri sekitar 80 pabrik dan juga usaha laundry pakaian. "Kami tidak tahu persis, yang jelas di atas ada laundry dan macam-macam. Di kanan Sungai Sileungsi memang didominasi oleh pabrik. Sekitar 80 pabrik,” jelas Puarman.
 
Menurut Puarman, sejak tiga tahun lamanya masalah di Kali Bekasi selalu berulang. Apabila musim hujan datang, sambung dia, kali menjadi banjir. Sementara ketika airnya surut, kalinya akan tercemar limbah seperti yang terjadi baru-baru ini.
 
“Sungai ini masalahnya ketika musim hujan dia banjir, ketika kemarau atau air lagi kurang debitnya, ada pencemaran, banyak pencemaran ya enggak cuma buih saja,” ungkapnya.
 
Kendati begitu, Puarman melanjutkan, pihak pemda telah melakukan upaya mengatasi masalah itu. Sejak Oktober hingga Desember 2020, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat (DLH Jabar) telah membentuk patroli sungai, yang anggotanya 30 orang.
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 843 Kali
Berita Terkait

0 Comments