Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 12/09/2015 10:36 WIB

Saudi Sudah Tampung 2,5 juta Pengungsi Suriah Sejak 2011

Bantuan Arab Saudi untuk Pengungsi Suriah
Bantuan Arab Saudi untuk Pengungsi Suriah

RIYADH_DAKTACOM: Menanggapi tuduhan akan ketidakpedulian terhadap pengungsi Suriah, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan pernyataan resmi pada Sabtu (12/9), bahwa sejak konflik Suriah bermula, mereka telah menampung 2,5 juta orang pengungsi.

Pihak kementerian juga mengeluarkan aturan spesial bagi pengungsi Suriah dengan tidak memperlakukan mereka seperti pengungsi, tapi sebagai rakyat Saudi sendiri.

Dengan perlakuan spesial itu, pengungsi Suriah dapat memilih untuk tinggal secara permanen atau berpindah ke negeri lain. Mereka yang memilih untuk tinggal mendapat akses kesehatan gratis, pendidikan serta lapangan pekerjaan.

Kerajaan Arab Saudi pada tahun 2012 sudah mengeluarkan dekrit agar sekolah umum menerima pelajar berkebangsaan Suriah. Tercatat, sudah lebih daro 100 ribu siswa asal Suriah yang belajar di berbagai institusi pendidikan Arab Saudi.

Pihak Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada awalnya tidak ingin mengungkapkan data ini karena menimbang alasan keagamaan dan kemanusiaan. Pihak Kerajaan juga enggan mempublikasi hal ini demi ketenaran.

Namun, dikarenakan banyaknya tuduhan dan informasi yang salah di media terkait peran Arab Saudi atas pengungsi Suriah, Kementerian Luar Negeri merasa perlu untuk melakukan konfirmasi sesuai fakta yang ada.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : alarabiya.net
- Dilihat 993 Kali
Berita Terkait

0 Comments