Internasional / Australia /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 22/03/2015 10:29 WIB

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Frase Meninggal Dunia

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Fraser
Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Fraser

SYDNEY_DAKTACOM: Mantan Perdana Menteri konservatif Australia Malcolm Fraser meninggal dunia dalam usia 84 tahun, Jumat (20/3). Fraser memimpin mulai 1975 saat Australia keluar dari krisis konstitusional terbesar di negeri itu.

"Dengan penuh duka cita kami menyampaikan kabar John Malcolm Fraser meninggal dengan tenang setelah sakit sebentar, pada Jumat pagi, 20 Maret 2015," demikian pernyataan mengenai kematiannya.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Tamie serta empat orang anak.

Fraser dari Partai Konservatif Liberal, menjabat sebagai perdana menteri ke 22 setelah perwakilan Ratu Elizabeth II dari Inggris memecat pemerintahan Gough Whitlam pada November 1975.

Semasa jabatannya ia mengejar target mengurangi pengeluaran dan manajemen pajak yang dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga dikenal sebagai sosok pendukung Hak Asasi Manusia yang mengatur peningkatan imigran asal Asia dan pelestari lingkungan yang melarang perburuan paus di Australia.

Fraser dikenal juga mendorong peningkatan hubungan diplomatik negerinya dengan Asia Timur dan Asia Tenggara sebelum kemudian digantikan oleh penerusnya Bob Hawke dari Partai Buruh.***


 

Editor :
Sumber : Republika.co.id
- Dilihat 840 Kali
Berita Terkait

0 Comments