Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 03/11/2020 13:07 WIB

Profil IG Kecamatan Rawalumbu Bekasi Diganti Foto Syur, Pemkot Lapor Kominfo

Ilustrasi hacker
Ilustrasi hacker
BEKASI, DAKTA.COM - Foto profil akun Instagram (IG) Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, @kcrwlumbu diganti adegan syur. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melapor kasus itu ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI.
 
"Kita lagi nunggu dari Kominfo, informasinya (pembajakan) terakhir sudah disamaikan ke IG-nya (Kemenkominfo), nanti biar diblock dan diganti akun baru," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi, Hudi Wijayanto, Selasa (3/11).
 
Hudi mengatakan pembajak telah mengubah password akun @kcrwlumbu. Sehingga admin akun @kcrwlumbu tidak bisa mengubah foto profil yang sudah viral itu.
 
"Jadi nggak tahu gimana caranya password aslinya sudah ketarik sama hackernya, jadi si adminya (akun @kcrwlumbu) itu sudah tidak bisa masuk lagi, jadi sudah dikuasi oleh hackernya," imbuh Hudi.
 
Hudi memastikan sampai saat ini belum ada follower @kcrwlumbu yang dikirimi pesan-pesan tertentu. Selain itu, Pemkot Bekasi sudah memberikan imbauan agar warga dan netizen waspada bila dikirimi pesan oleh akun @kcrwlumbu.
 
"Takutnya nanti ketipu," ungkap Hudi.
 
Hudi menyebut PNS di ruang lingkup Kecamatan Rawalumbu dan Pemkot Bekasi sudah diarahkan untuk bersama-sama mereport akun @kcrwlumbu. Hal tersebut guna akun @kcrwlumbu di-takedown oleh Instagram.
 
Dilihat Dakta, Selasa (3/11), pukul 13.42 WIB, foto profil akun @kcrwlumbu terlihat sepasang laki-laki dan wanita tanpa busana. Keduanya tampak sedang melakukan hubungan badan.
 
Camat Rawalumbu, Dian Herdiana, angkat bicara terkait hal itu. Ia membenarkan aksi pembajakan itu.
 
"Betul, akun kecamatan (Rawalumbu) di-hack admin kecamatan (Rawalumbu) sudah lapor ke Diskominfo," kata Dian
 
Dian mengatakan pihak Kecamatan Rawalumbu juga sudah menyampaikan klarifikasi terkait peretasan itu. 
 
"Jika sebelumnya ada DM mengatasnamakan akun Kecamatan Rawalumbu itu bukan dari admin. Akun Kecamatan Rawalumbu sempat dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kami selaku admin memohon maaf kepada semuanya atas kejadian tersebut," tulis akun @kcrwlumbu saat itu.
Reporter :
- Dilihat 1600 Kali
Berita Terkait

0 Comments