Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/10/2020 16:22 WIB

Istighfar Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

ilustrasi istighfar
ilustrasi istighfar
BEKASI, DAKTA.COM - Saat pandemi yang penuh ketidak pastian seperti saat ini, banyak masyarakat yang terkena imbasnya. Mulai dari berkurangnya pendapatan, pemotongan gaji, bahkan kehilangan pekerjaan.
 
Banyak diantara mereka yang kehilangan arah, menyalahkan keadaan, bahkan sampai nekat berbuat kejahatan.
 
Tanpa disadari, ini adalah momentum kita untuk mendekatkan diri pada Allah azza wa jalla sang pemberi rezeki.
 
Selama ini, kita terlalu larut dalam mengejar uang bahkan mengejar dunia, tanpa memikirkan kehalalan dan keberkahannya. Kita lupa akan kewajiban kita untuk beribadah dan mendekatkan diri pada sang pencipta.
 
Allah SWT pun menguji kita dengan berbagai cara, termasuk menutup pintu rezeki.
 
Al-Qur’an memberikan arahannya kepada kita, saat pintu rezeki seakan tertutup di hadapan kita, yaitu agar kita menghadapinya dan berusaha membukanya dengan kunci pintu rezeki berupa istighfar kepada Allah.
 
Al-Qur’ an menyatakan:
 
“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberikan kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat.” (Hud: 3)
 
Al-Qur’an juga memberikan penjelasan tentang istighfar, sebagai kunci pembuka pintu-pintu rezeki di dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikut ini:
 
“Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu, lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (Hud: 52).
 
Semoga kita selalu beristighfar memohon ampun kepada Allah, karena kita hanyalah makhluk berlumur dosa, makhluk lemah tak berdaya dan hanya ketauhidan kita kepada Allah Subhana Wa Taala yang dapat menuntun kita ke jalan penuh keberkahan termasuk dibukakannya pintu rezeki untuk kita semua.***
 
 
Penulis : Yama Pradhana
 
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 4188 Kali
Berita Terkait

0 Comments