Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 20/10/2020 16:12 WIB

Iuran Terjangkau, Jangan Sia-Siakan Kesempatan Baik

Ilustrasi Kartu JKN KIS
Ilustrasi Kartu JKN KIS
BEKASI, DAKTA.COM - BPJS Kesehatan yang merupakan transformasi dari PT. Askes pada tahun 2014 ditunjuk oleh pemerintah menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada saat itu peserta PT. Askes secara otomatis beralih dikelola oleh BPJS Kesehatan, salah satunya Multantiana (59) yang merupakan salah satu seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil.
 
Pada saat Tim Jamkesnews menemui di kediamannya, dirinya menceritakan bahwa dirinya merupakan salah satu masyarakat yang peduli akan adanya jaminan kesehatan. Karena menurutnya sakit itu datangnya tiba-tiba, bisa karena kebiasaan ataupun memang “anugerah” yang diberikan oleh Allah kepada setiap insannya.
 
“Sakit itu merupakan salah satu anugerah dari tuhan yang tidak bisa di hindari oleh setiap insan di muka bumi ini, maka tidak ada yang bisa menolaknya. Namun jika seseorang sudah memiliki suatu jaminan kesehatan maka jadi tidak terlalu khawatir secara berlebihan. Sakit bukan hanya urusan berobat namun ada hak lain seperti biaya pengobatan, perawatan hingga pemulihan, makanya apabila sudah memiliki jaminan semua bisa di jamin dan beban menjadi lebih ringan,” jelasnya.
 
Lebih lanjut dirinya menceritakan bahwa dulunya ia pernah sakit sehingga ia harus di bawa ke rumah sakit. Dirinya mengatakan cukup beruntung telah terdaftar sehingga bebannya ditanggung oleh Program JKN-KIS.
 
“Dulu saya pernah sakit sehingga kartu kesehatan ini saya pakai untuk biaya berobat saya, untungnya saya sudah punya kartu ini jika tidak adanya kartu ini mungkin saya merasa menjadi sedikit terbebani oleh biaya tersebut apalagi untuk saya yang  sudah tidak bekerja lagi yang pendapatan saya tidak sama seperti ketika saya bekerja dulu,” jabarnya.
 
Multantiana peserta JKN-KIS
 
Ia juga menyayangkan banyak orang di luar sana yang belum menyadari akan manfaat dari adanya Program JKN-KIS ini. Padahal  dengan adanya program ini sangatlah bagus dan bermanfaat sekali, ya setidaknya bisa meringankan beban keuangan dan jaminan kesehatan pun menjadi terjamin.
 
Muntantiana berharap agar banyak masyarakat sekarang lebih perduli dan jeli terhadap kesehatan dan ia juga berharap banyak masyarakat yang harus mendaftarkan diri untuk menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
 
“Saya berharap banyak masyarakat yang mau menggunakan kesempatan bagus ini dengan mendaftar kan diri di program jaminan kesehatan ini, agar bisa mengurangi bebannya. Lagi pula selagi ada kesempatan bagus kenapa harus tidak, kan biaya kesehatan pun sudah di jamin oleh pemerintah, kita tinggal membayar iuran per bulan dengan tepat waktu saja,” tutupnya. (DA/PM).
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rilis BPJS Kesehatan
- Dilihat 863 Kali
Berita Terkait

0 Comments