Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 18/10/2020 11:45 WIB

Pemkab Bekasi Tambah 300 Ruang Isolasi Mandiri Pasien Covid 19

Ilustrasi Ruang Isolasi Covid19
Ilustrasi Ruang Isolasi Covid19

BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi menambah fasilitas isolasi bagi pasien covid 19 tanpa gejala. Ada 300 tempat tidur di dua hotel yang disiapkan untuk pasien yang membutuhkan tempat isolasi. 

 

Alamsyah mengatakan, tempat isolasi tambahan untuk pasien covid 19 tanpa gejala ini disediakan di dua hotel bintang tiga di wilayah Cikarang. Namun, dia tidak menyebut nama kedua hotel tersebut.

 

"Minggu depan sudah mulai bisa dipakai," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah, Ahad (18/10).

 

Menurutnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyetujui penggunaan dua hotel itu sebagai tempat isolasi pasien corona tanpa gejala.

 

Selama ini, pemerintah daerah menyediakan fasilitas isolasi terpusat di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) dan Wisma President University Jababeka.

 

Alamsyah mengatakan pemerintah menyiapkan hotel sebagai tempat isolasi alternatif jika dua fasilitas isolasi pasien covid 19 yang ada di Kecamatan Cikarang Utara itu penuh.

"Di Bapelkes dan Jababeka sempat penuh akibat ledakan klaster industri meski kini mulai surut karena sudah banyak juga yang sembuh dan diperbolehkan pulang," ujar Alamsyah.

 

"Dari total 105 bed (tempat tidur) di sana, saat ini tingkat keterisiannya mencapai 85 persen. Makanya kita antisipasi dengan memakai fasilitas tempat tidur hotel," lanjutnya.

 

Dia berharap pasien Covid-19 yang tidak mengalami gejala sakit atau hanya mengalami gejala ringan menghubungi petugas puskesmas terdekat agar bisa segera difasilitasi untuk menggunakan fasilitas karantina yang disediakan oleh pemerintah daerah.

 

"Kami mengimbau warga yang positif corona tidak lagi melakukan isolasi mandiri di rumah melainkan di tempat isolasi khusus terpusat yang disediakan pemerintah," jelasnya.

 

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1450 Kali
Berita Terkait

0 Comments