Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 17/10/2020 15:00 WIB

Sinyal Ponsel Sering Gangguan? Coba Cara Ini

Ilustrasi telepon selular [Foto : nordwood/Unsplash]
Ilustrasi telepon selular [Foto : nordwood/Unsplash]
JAKARTA, DAKTA.COM - Sejumlah faktor dapat mempengaruhi sinyal dari ponsel seluler. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menjaga jaringan operator pada ponsel.
 
Dilansir dari Business Insider, Sabtu (17/10), sinyal seluler mudah terhambat. Jadi, jika pengguna menemukan sinyal ponselnya lemah, mungkin penyelesaian masalahnya cukup sederhana, yakni bergerak di luar ruangan.
 
Atau, lakukan dengan restart ponsel. Terkadang, ponsel gagal mengunci jaringan ke menara seluler terbaik. Jika mencurigai adanya masalah ini, maka hidupkan dan matikan mode pesawat telepon atau cukup restart telepon sepenuhnya.
 
Ubah lokasi. Meskipun kita berada di luar ruangan, gedung tinggi dan badan penampungan air yang besar dapat menghalangi sinyal. Dengan demikian, pindahlah ke tempat lain atau pergilah ke tempat yang lebih tinggi.
 
Cara lainnya, yakni melepaskan casing ponsel. Ada kemungkinan casing ponsel dapat mengganggu sinyal seluler. Lepaskan ponsel dari casing dan lihat apakah itu meningkatkan sinyal ponsel Anda.
 
Perbarui pengaturan operator. Jika menggunakan iPhone, mungkin penyedia layanan seluler telah memperbarui pengaturannya. Dengan demikian kita perlu memperbarui pengaturan operator ponsel untuk memanfaatkannya.
 
Untuk memeriksanya, pastikan kita memiliki koneksi baik, yakni jaringan operarotor seluler atau Wi-Fi. Lalu, mulai aplikasi Settings, pilih “General” dan kemudian “About”. Jika ada pembaruan yang tersedia, install.
 
Jangan biarkan baterai ponsel terlalu lemah. Jika baterai hampir habis, ponsel secara otomatis masuk ke mode daya rendah. Ini mungkin menggunakan lebih sedikit daya untuk radio seluler.
 
Ganti Operator. Operator seluler yang bersaing mungkin memiliki jangkauan yang lebih baik di tempat yang paling Anda butuhkan. Jadi periksa peta cakupan untuk melihat apakah penyedia lain lebih baik.
 
Gunakan Wi-Fi sebagai gantinya. Meskipun ini tidak secara teknis meningkatkan sinyal seluler Anda, ini bisa mencapai hal sama, yakni kapan pun memungkinkan, gunakan Wi-Fi. Pastikan Wi-Fi Anda dihidupkan  dan bergabung dengan jaringan Wi-Fi terpercaya saat tersedia, karena itu dapat menghindari penggunaan seluler yang lambat.
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 562 Kali
Berita Terkait

0 Comments