Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 17/10/2020 14:31 WIB

Budi Daya Lebah Madu dengan Teknologi Smartphone

Lebah
Lebah
SUBANG, DAKTA.COM - Salah satu peternak lebah madu di Desa Cupunagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat memanfaatkan kemajuan teknologi di era digital untuk menghasilkan madu berkualitas. Aplikasi itu kini tengah memasuki tahap uji coba.
 
Koswara sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebah Madu berharap dengan adanya teknologi ini para peternak lainnya dapat mengikuti arus perkembangan teknologi.
 
Koswara menilai dengan adanya aplikasi ini tentu membantu para peternak guna memantau aktivitas lebah tersebut melalui telepon genggam. Secara tidak langsung, bermaksud untuk menjaga keberadaan koloni lebah agar tetap didalam box pada saat memproduksi madu.
 
Sejauh ini, dirinya tak mengalami kesulitan. Terlebih lagi, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan peternak guna memberikan data yang cukup akurat. Seperti halnya dalam pengawasan lebah dari hama.
 
Untuk daya listriknya, Koswara menggunakan panel tenaga surya, dikarenakan minimnya arus listrik di kawasan budi daya lebah madu.
 
Walau kini mulai menggunakan teknologi, Koswara mengaku tetap akan mengajarkan kepada generasi selanjutnya bagaimana proses budi daya lebh madu secara tradisional. Karena, menurutnya, budi daya lebah sendiri sangat berdampingan dengan alam yang terkadang tidak bisa diselesaikan oleh kemajuan teknologi itu sendiri.
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 576 Kali
Berita Terkait

0 Comments