Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 16/10/2020 14:16 WIB

Pemilihan RW Dengan Sistem E-Pilih Di Tengah Pandemi

Talkshow Swara Bekasi Bersama DPRD Kota Bekasi
Talkshow Swara Bekasi Bersama DPRD Kota Bekasi
JAKARTA, DAKTA.COM - Di tengah pandemi saat ini masyarakat dituntut harus menjaga jarak atau social distancing agar mencegah penularan virus Covid-19 semakin luas. Namun pelayanan untuk publik tidak boleh berhenti dan harus efektif melayani masyarakat.
 
Melihat kondisi saat ini, Kelurahan Jaticempaka, Kota Bekasi melakukan inisiatif dan terobosan demokrasi dalam pemilihan ketua RW. Aplikasi E-Pilih menjadi solusi. Penggunaan aplikasi ini dapat malakukan pemungutan suara masyarakat dalam pemilihan RW 07 dan tetap mematuhi protokol kesehatan karena pemilihan tidak dilakukan dengan berkumpul dalam satu tempat seperti pemilihan pada umumnya.
 
"Berawal dari adanya perwal nomer 58 tahun 2020 tentang pemilihan aparat secara juknis, namun tetap menjaga protokol kesehatan." ujar Kasipem Kelurahan Jaticempaka, Kodriana.
 
Ia mengatakan dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu beramai-ramai datang menuju tempat pemilihan RW dan tetap bisa menjaga protokol kesehatan. Masyarakat hanya perlu registrasi menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
"Aplikasi E-Pilih adalah aplikasi berbasis website dan tidak perlu mendownload untuk menggunakannya. Masyarakat tinggal masukan nomor KK, lalu masukan password. Setiap KK hanya satu pasword, jadi setiap KK hanya bisa pilih satu  suara," ujar Kasi IT Jaticempaka, Kodriana.
 
Sosialisasi aplikasi ini ke masyarakat dilakukan secara bertahap. Masing-masing ketua RT akan mendapatkan materi dan video mekanis pemilihan dan penggunaan aplikasi bagi panitia pelaksana.
 
"Kita sosialisasi ke setiap RT untuk warganya pemilihan secara online. Sosialisasi calon dan tatacara pemilihan kita menggunakan media Youtube, dan kita share ke setiap RT untuk share ke warganya masing-masing," ujarnya.
 
Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Komarudin mengapresiasi langkah RW 07 Kelurahan Jaticempaka dalam melakukan sinergitas sistem pemilihan ketua RW. Ia berharap hal ini menjadi contoh role model bagi seluruh jajaran kelurahan di Kota Bekasi 
 
"Sistem yang dilakukan ketua RW Jaticempaka melalui sistem online ini hal yang pertama dan luar biasa sinergitas panitia dan aparat juga masyarakat Jaticempaka membuat alat sistem pemilihan, dan harapannya ini menjadi contoh role model bagi seluruh kelurahan di Kota Bekasi," ujarnya dalam SWARA DPRD Kota Bekasi melalui aplikasi zoom Radio Dakta. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 982 Kali
Berita Terkait

0 Comments