Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 16/10/2020 10:29 WIB

Waspada Nyeri Leher Akibat Jepitan Saraf

dr.Fran Efendy.Sp.N saat talkshow melalui aplikasi zoom 1
dr.Fran Efendy.Sp.N saat talkshow melalui aplikasi zoom 1

BEKASI, DAKTA.COM – Radikulopati servikal adalah kondisi kerusakan akar saraf di sekitar area ruas tulang belakang sehingga bisa menjepit saraf di daerah tersebut.  

 

Dalam talkshow dengan Radio Dakta hari ini Jumat (16/10) dr. Fran Efendy, Sp.N Spesialis Neurologi dari Mitra Bekasi Timur mengatakan penyebab terjadinya radikulopati servikal karena adanya perubahan di sekeliling tulang  dan kartilago atau (tulang rawan) akibat menipisnya bagian tersebut atau pernah terjadi cedera, sehingga menekan saraf yang ada di sekitarnya.

 

Penyakit syaraf terjepit ini juga biasanya terjadi pada usia 40 tahun keatas. Selain itu penyakit ini juga bisa terjadi pada usia di bawah 40 tahun di karenakan melakukan aktifitas berat misalnya mengangkat beban berat saat ngegym atau melakukan gerakan yoga dengan posisi handstand.

 

“Disamping itu  penyebab syaraf terjepit juga bisa karena faktor kelebihan berat badan atau obesitas,” jelasnya.

 

Gejala khas dari radikulopati servikal adalah mati rasa di lengan kaki dan kelemahan otot. Gejala lainnya yang mungkin muncul dari radikulopati adalah linu panggul yaitu nyeri sepanjang saraf sciatic saraf terpanjang dalam tubuh. Saraf ini berjalan dari bokong ke kaki (paha belakang dan kaki).

 

“Seseorang dengan kondisi ini juga mungkin mengalami kesulitan mengontrol keinginannya untuk buang air kecil dan buang air besar, “tambah dr.Fran saat merespon interaktif pendengar.

 

Guna memastikan kondisi ini dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti  rontgen  untuk melihat ketidak sejajaran atau penyempitan di ruas tulang belakang. Namun untuk gejala yang lebih serus lagi dokter akan melakukan  MRI atau tindakan lanjutan seperti operasi.

 

Sementara itu jadwal praktek dr.Fran Efendy Sp.N di Mitra Keluarga Bekasi Timur pada senin rabu kamis pukul 14.00-20.00 sedangkan selasa pukul 08.00-14.00 dan pukul 16.00-20.00. Masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran melalui WA 0811 84444 62 ***

Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 722 Kali
Berita Terkait

0 Comments