Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 10/10/2020 17:00 WIB

Tingkatkan Kompetensi, Praktisi Purchasing Bentuk Komunitas

Chairman IPPC Ramli MBA dalam acara Grand Lounching
Chairman IPPC Ramli MBA dalam acara Grand Lounching

CIKARANG, DAKTA.COM - Praktisi Purchasing perusahaan dari berbagai daerah membentuk komunitas yang bertujuan meningkatkan kompetensi anggota.

 

Komunitas tersebut bernama Indonesian Procurement Professional Community (IPPC) yang diluncurkan secara daring sekaligus juga menggelar diskusi dengan tema Contract and Supplier Management di Kampus STEBI Global Mulia Cikarang, Sabtu (10/10).

 

Chairman IPPC, Ramli MBA mengatakan keberadaan purchasing di perusahaan sangat penting karena tugasnya melakukan pembelian barang atau jasa. Posisi ini berada di bawah naungan bidang procurement, yang bertanggung jawab atas pengadaan barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan.

 

“Dengan pentingnya tugas dari purchasing ini, maka IPPC hadir untuk mengakomodir kebutuhan dari anggota termasuk dalam peningkatan kompetensi mereka dengan menggelar training-training agar mereka tersertifikasi dan memberikan nilai tambah di pekerjaannya”, ujarnya.

 

Diakuinya, ada 1000 praktisi purchasing dari berbagai daerah seperti, Jakarta, Banten, wilayah Jawa, Sulawesi dan Cikarang yang bergabung ke dalam IPPC, baik level manager senior maupun staf yang baru menggeluti di bidang purchasing.

 

“Tantangan seorang purchasing di perusahaan khususnya di masa pandemi ini sangat berat, pembelian barang dari luar negeri harganya mahal akibat tidak diperbolehkannya pembelian dalam jumlah terbatas. Manajemen di perusahaan meminta agar barang dibeli setengah saja, karena untuk mengurangi biaya produksi, sementara penyedia barang di luar negeri tidak memperbolehkan barang yang dijualnya dibeli setengah, oleh karena itu terkadang harganya bisa naik 20 hingga 50 persen dari biasanya”, ucapnya.

 

Ramli berharap dengan adanya komunitas IPPC ini, praktisi purchasing bisa diakui eksistensinya, dan yang terpenting dapat meningkatkan profesionalitas di bidangnya***

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1948 Kali
Berita Terkait

0 Comments