Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 18/09/2020 10:04 WIB

BPJS Kesehatan Mudahkan dan Lindungi Peserta di Masa Pandemi

Kartu BPJS Kesehatan (Kompas.TV)
Kartu BPJS Kesehatan (Kompas.TV)
BEKASI, DAKTA.COM - Dalam membantu penanganan wabah pandemi Covid-19 di Indonesia, BPJS Kesehatan kembali memperbaharui fitur-fitur pada aplikasi Mobile JKN, salah satu yang terbaru, yakni fitur Skrining Mandiri Covid-19. 
 
Fitur ini bertujuan membantu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah tersedia sesuai dengan kondisi yang dirasakan agar dapat mengetahui apakah berisiko terpapar/terjangkit Covid-19.
 
Edi Darmatin (35), salah satu peserta JKN-KIS segmen pekerja penerima upah (PPU) Badan Usaha merupakan salah satu peserta yang aktif menggunakan Aplikasi Mobile JKN ini mengatakan ada kemudahan untuk screening diri sendiri ketika melihat adanya fitur terbaru, yaitu Skrining Mandiri Covid-19 ini ke dalam aplikasi tersebut.
 
“Setiap hari saya harus tetap bekerja ke luar rumah dan saya jumpa banyak orang di kantor jadi saya butuh pemeriksaan yang seperti ini agar kesehatan saya juga terpantau apakah ada gejala-gejala mirip terkena corona,” ujarnya.
 
Edi Darmatin, peserta JKN-KIS segmen pekerja penerima upah Badan Usaha 
 
Edi mengatakan, ia sangat waspada akan penyebaran Covid-19 ini, mengingat di rumah ada orang tua serta istri dan 2 buah hatinya yang menunggu di rumah.
 
Menurutnya, yang lebih ditakutkan itu apabila virus corona menularkan kepada orang-orang tersayang di rumah.
 
“Orang tua di usia lanjut dan balita kan sangat rentan untuk penyebaran virus ini, saya takut karena saya bekerja, mereka jadi terpapar makanya saya langsung melakukan screening begitu tau di aplikasi Mobile JKN bisa screening Covid-19, dan Alhamdulillah hasilnya bagus, takutnya tanpa sadar selama ini kita tidak sengaja menularkan kepada orang-orang tercinta di rumah,” ungkapnya.
 
Ia berharap agar masyarakat melakukan deteksi dini Covid-19 ini untuk mengetahui kondisi tubuhnya apalagi screening ini sudah mudah diakses dan tersedia pada Aplikasi Mobile JKN.
 
Selain fitur terbaru, fitur-fitur lainnya juga sangat bermanfaat di masa pandemi ini karena bisa dilakukan melalui online sehingga meminimalisasi kegiatan masyarakat di ruang publik.
 
"Sebelum adanya virus corona ini, saya sudah pakai Mobile JKN karena sangat mudah dan gampang apalagi untuk masa pandemi seperti ini memang sangat cocok pakai Aplikasi Mobile JKN daripada harus ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk perubahan data atau antre di klinik hanya untuk ambil nomor antrean yang sebenarnya sudah bisa diakses pada Aplikasi Mobile JKN ini," tutupnya. (Adv)
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 622 Kali
Berita Terkait

0 Comments