Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 17/09/2020 08:57 WIB

Masa Pandemi, Pastikan Kartu JKN-KIS Aktif

Bintang Sandi, peserta Pekerja Bukan Penerima Upah JKN-KIS
Bintang Sandi, peserta Pekerja Bukan Penerima Upah JKN-KIS
BEKASI, DAKTA.COM – Membayar iuran secara rutin merupakan salah satu kewajiban peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai bentuk tanggung jawab melindungi diri dan keluarga. 
 
Bintang Sandi (22) salah satu peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) mengaku tetap rutin membayar iuran JKN-KIS meskipun saat ini ditetapkan sebagai masa darurat Covid-19.
 
“Alhamdulillah sampai dengan saat ini belum ada kesulitan dalam menggunakan ke fasilitas kesehatan, termasuk mengenai pembayaran iuran. Kami sekeluarga sudah autodebet dari bank, sehingga tidak repot setiap bulan melakukan pembayaran mandiri,” ujar Bintang.
 
Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), Bintang tentunya tetap berusaha menjaga kesehatan terutama dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 
 
Hal itu dilakukan dengan cara tetap menjaga jarak aman dengan orang lain 1-2 meter, selalu mencuci tangan, serta tetap di rumah. Ia mengakui hanya keluar rumah untuk hal-hal yang sangat penting yang tidak bisa diselesaikan di rumah.
 
“Kalau enggak penting-penting banget saya enggak keluar, selama wabah ini mungkin enggak sampai 5 kali saya keluar rumah, seperti belanja bulanan, urusan pekerjaan, dan lainnya,” ujarnya.
 
Bintang menambahkan bahwa pembayaran iuran Program JKN-KIS sudah sepatutnya dilakukan secara rutin oleh peserta apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, mengingat pembayaran yang dilakukan adalah wujud proteksi diri dan keluarga.
 
Selain itu pembayaran iuran secara rutin juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama peserta. Program JKN-KIS lahir dari semangat gotong-royong melalui sistem subsidi antar peserta. Peserta yang sehat namun tetap rutin membayar iuran sangat membantu peserta lain yang sedang sakit.
 
“Pada saat mendaftar Program JKN-KIS ini kita sudah diberitahu bahwa program ini sistemnya gotong-royong, sehingga peserta tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri. Meskipun rutin membayar, kami selalu berharap tetap diberikan kesehatan, sehingga iuran yang kami bayarkan setiap bulan dapat membantu meringankan beban yang sakit," tuturnya.
 
Bintang pun berharap agar ke depannya peserta JKN-KIS lebih patuh dalam melakukan pembayaran agar program yang dikelola BPJS Kesehatan ini dapat terus berjalan. 
 
Ia juga menyadari bahwa program ini sangat berpihak kepada masyarakat, sehingga masyarakat harus bahu-membahu dengan membayar iuran secara rutin. (Adv)
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 560 Kali
Berita Terkait

0 Comments