Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/09/2020 09:12 WIB

Angka Covid-19 Naik, Pemkab Bekasi Coba Jalin Kerja Sama Dengan Swasta

Swab test (Freepik)
Swab test (Freepik)
CIKARANG, DAKTA.COM - Angka Covid-19 di Kabupaten Bekasi meningkat signifikan seiring dengan adanya klaster industri, oleh karena itu upaya meminimalisasi adanya klaster tersebut terus dilakukan dengan melakukan swab test terhadap seluruh pekerja, sehingga pelacakannya bisa dilakukan dengan cepat.
 
Namun kebanyakan perusahaan khususnya yang kategori menengah ke bawah tidak mampu membayar tes terhadap karyawannya selain karena kondisi keuangan yang tengah sulit, swab test itupun harganya sangat mahal.
 
Oleh karena itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi berencana bekerjasama dengan perusahaan penyedia swab test, agar biayanya bisa lebih murah.
 
Wakil Ketua Gugus Tugas  Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan dengan adanya kerja sama itu, yang biasanya biaya sampai 2 juta, bisa ditekan semurah mungkin, sekitar Rp700 ribu untuk setiap tes.
 
"Kami sudah berkomunikasi dengan perusahaan, yakni PT Indofarma yang pabriknya berada di Kabupaten Bekasi terkait hal itu," ucapnya kepada Dakta, baru-baru ini.
 
Ia mengaku, apabila kerja sama ini berlangsung maka nantinya biayanya akan lebih murah, dan tes dapat dilakukan secara masif bagi seluruh pekerja yang ada di kawasan industri.
 
Hendra yang merupakan Kapolres Metro Bekasi ini menambahkan, selain kerja sama swab test, PT Indofarma juga menawarkan uji laboratorium spesimen tes dengan jumlah 1000 sample setiap hari.
 
Menurutnya, hal itu sangat membantu sekali Pemkab Bekasi, karena laboratorium Dinas Kesehatan hanya bisa menguji sebanyak 300 spesimen setiap harinya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1626 Kali
Berita Terkait

0 Comments