Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 02/09/2020 09:08 WIB

Jadilah Hamba Allah yang Bersaudara

Ilustrasi persaudaraan
Ilustrasi persaudaraan
DAKTA.COM - Dalam Islam diajarkan rasa kasih sayang antar sesama muslim karena kita semua adalah saudara seiman.
 
Allah SWT dan Rasulullah SAW sangat melarang umatnya yang saling membenci dan berselisih karena itu bisa memecah belah persatuan ukhuwah Islamiyyah.
 
Syaitan akan bersusah payah untuk menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara umat muslim dengan berbagai cara, maka berhati-hatilah dan senantiasa mengingat Allah SWT dan dirikanlah shalat sebagai pengingatmu.
 
Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kalian saling membenci, menghasud, membelakangi, dan saling memutuskan tali persahabatan. Akan tetapi, jadilah kalian itu hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim tidak diperbolehkan mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.” (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Rasulullah SAW membangun semangat kebersamaan salah satunya dengan menanamkan dalam diri para sahabat bahwa kebersamaan merupakan bagian dari nilai keimanan. 
 
“Dan berpeganglah kamu sekalian kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai-berai dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hati-hatimu, dan dengan nikmat Allah-lah kamu menjadi orang-orang yang bersaudara.” (QS. Ali Imran: 103).
 
Membangun persaudaraan bisa dimulai dengan sikap husnudzon atau berbaik sangka terhadap sesama muslim, dimana memandang sesuatu dengan positif, ramah, tidak menghakimi orang lain, dan selalu menyapa dengan salam.
 
Dengan bersikap husnudzon akan mengantarkan kita menuju kehidupan yang lebih mulia, karena mengendepankan akhlak terhadap orang lain, dan menjauhi prasangka yang dapat menyesatkan ke jurang dosa.
 
Mari simak video inspirasi qolbu bersama Ustadz Anwar Anshori Mahdum mengenai "Jadilah Hamba Allah yang Bersaudara."
 
 
 

Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2539 Kali
Berita Terkait

0 Comments