Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 01/09/2020 10:15 WIB

Memberi Kebahagiaan untuk Orang Lain

Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah
DAKTA.COM - Bagi setiap muslim yang paling utama adalah tidak merugikan orang lain, baik melalui lisan maupun perilakunya.
 
Dalam agama Islam setiap muslim dianjurkan untuk menyayangi dan memberi kebahagiaan pada orang lain serta membantu memudahkan urusan orang yang sedang kesulitan.
 
Sesungguhnya amalan memberikan kebahagiaan untuk orang lain sangatlah mulia dan Allah SWT akan memberikan ganjaran yang lebih kepada mereka yang senantiasa menebar kebahagian pada orang lain.
 
Rasulullah SAW bersabda, “… manusia paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia dan pekerjaan yang paling dicintai Allah adalah menggembirakan seorang Muslim atau menjauhkan kesusahan darinya atau membayarkan utangnya atau menghilangkan laparnya. Sungguh, aku berjalan bersama saudaraku yang Muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriktikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) selama sebulan.” (HR Thabrani).
 
Sejatinya memberikan kebahagiaan pada orang lain bisa dengan berbagai cara seperti menebar senyum, menawarkan bantuan, memenuhi kebutuhan orang lain, saling berkunjung, melepaskan orang yang terlilit utang, membagikan makanan, dan lain sebagainya.
 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699).
 
Dalam riwayat lain, dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya.” (HR. Bukhari no. 6951 dan Muslim no. 2580).
 
Untuk itu, marilah kita menebar kebahagiaan pada orang lain walaupun hanya dengan hal kecil, karena kebahagiaan itu akan kembali kepada kita.
 
Mari simak video inspirasi qolbu bersama Ustadz Anwar Anshori Mahdum mengenai memberi kebahagiaan untuk orang lain.
 
 

Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1407 Kali
Berita Terkait

0 Comments