Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Senin, 31/08/2020 11:03 WIB

Hikmah di Balik Kesulitan Ada Kemudahan

Ilustrasi berdoa memohon kepada Allah SWT
Ilustrasi berdoa memohon kepada Allah SWT
DAKTA.COM - Allah subhanahu wa-ta'ala menjadikan dunia ini sebagai tempat ujian dan cobaan bagi setiap orang baik yang beriman maupun yang tidak beriman. Bahkan semakin besar keimanan seseorang maka semakin berat pula ujian yang diterimanya.
 
Begitu banyak dari manusia yang ingin menghindari semua kesulitan dalam kehidupannya. Padahal tidak dinamakan cobaan jika tidak ada kesulitan yang menimpa anak cucu adam. 
 
Sebagai seorang muslim, yakinlah bahwa terdapat hikmah di balik kesulitan karena Allah SWT sudah siapkan kemudahan jika ia bersabar dan bertawakal dalam melewatinya.
 
Allah SWT sudah menjelaskan dalam firman-Nya di Qur'an Surat Al-Insyirah Ayat 5-6 : "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."
 
Para ulama mengajurkan bagi seorang muslim yang sedang diuji agar tetap bersabar, karena ketahuilah betapa dekatnya jalan kemudahan itu. Sebab, barang siapa yang berharap kepada Allah SWT, maka akan terjadilah seperti apa yang diharapkan.
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]. 
 
Mari simak video inspirasi qolbu bersama Ustadz Anwar Anshori Mahdum mengenai di balik kesulitan ada kemudahan.
 

Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2708 Kali
Berita Terkait

0 Comments