Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 30/08/2020 12:02 WIB

Begini Cara Potong Sayuran untuk Maksimalkan Nilai Gizinya

Ilustrasi memotong sayuran (Unsplash/AlysonMcphee)
Ilustrasi memotong sayuran (Unsplash/AlysonMcphee)
DAKTA.COM - Sayuran mengandung banyak nutrisi dan cara memotong serta mengupasnya ternyata bisa mempengaruhi kandungan gizinya. Tak hanya cara, penggunaan alat yakni pisau tumpul juga bisa berpengaruh pada kandungan nutrisi dalam sayur.
 
Konsultan diet di India, Garima Goyal memberi tips untuk Anda mengolah sayuran. Berikut paparannya, seperti dilansir Indian Express:
 
1. Mencuci, aturan pertama saat tangani sayuran
 
Mencuci sebelum memotong atau mengupas tidak hanya untuk menghilangkan kotoran dan bakteri berbahaya yang ada di lapisan luar sayuran, tetapi juga untuk mempertahankan semua vitamin yang dapat larut dalam air yang ada di dalamnya. Mencuci sayuran setelah dipotong atau dikupas dapat menyebabkan hilangnya vitamin larut air yang bermanfaat.
 
2. Jangan gunakan pisau tumpul
 
Banyak penelitian menunjukkan, sayuran bisa rusak jika dipotong dengan pisau tumpul. Pisau tumpul lebih mungkin menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan dibandingkan pisau tajam.
 
Selain itu, bilah pisau tumpul membuat sayuran lebih rentan kehilangan elektrolit termasuk kalium dan kalsium dari sayuran. Kondisi ini menghasilkan peningkatan jumlah produksi bau busuk.
 
3. Saat mengupas
 
Menjaga lapisan yang dikupas dan kulit sangat tipis cara terbaik mendapatkan nutrisi dalam jumlah maksimal. Bakteri berbahaya termasuk E.coli dan Listeria innocua lebih kecil kemungkinannya untuk terdapat pada sayuran yang dikupas dengan tangan daripada yang menjalani proses pengupasan mesin.
 
5. Metode pencacahan
 
Mengiris sayuran dengan sangat halus tidak bermanfaat. Semakin halus Anda memotong sayuran agar terlihat bagus, maka semakin banyak kerusakan yang Anda kita lakukan pada nutrisinya.
 
Sayuran yang dicincang sangat halus lebih rentan terhadap pembusukan daripada yang dicacah kasar. Cara pencacahan ini dapat membuat sayuran kehilangan kelembapan dan warna aslinya, sehingga mengurangi kandungan nutrisinya.
 
Jika Anda berencana menyimpan sayuran Anda dan menggunakannya nanti, cobalah memotong menjadi potongan yang lebih besar.
 
6. Kenali sayuran
 
Tidak semua sayuran perlu dipotong, dipotong atau dikupas. Usahakan tidak mengupas seluruh sayuran dan pertahankan sedikit kulitnya seperti mentimun, tomat, kentang, dan terong. **
 
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 1703 Kali
Berita Terkait

0 Comments