Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/08/2020 08:38 WIB

Orang-orang yang Bertaqwa

Ilustrasi bertaqwa
Ilustrasi bertaqwa
DAKTA.COM - Taqwa adalah takut kepada Allah subhanahu wa ta'ala berdasarkan kesadaran dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan tidak melanggar dengan menjauhi segala larangan-Nya serta takut terjerumus dalam perbuatan dosa. 
 
Salah satu makna Taqwa adalah seperti yang diriwayatkan Rasulullah SAW"Bahwasanya seorang hamba, tidaklah akan bisa mencapai derajat ketaqwaan sehingga ia meninggalkan apa yang tidak dilarang, supaya tidak terjerumus pada hal-hal yang dilarang,” (Hadist ini Hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi no : 2451 , Ibnu Majah no : 4215, Baihaqi : 2/ 335).
 
Dalam surah al-Baqarah ayat 3-4 dijelaskan karakteristik yang melekat dalam diri manusia yang bertakwa, yaitu manusia yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, serta menginfakkan sebagian rezeki yang telah dianugerahkan kepadanya.
 
Selain itu, mereka yang percaya dan meyakini terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW berupa Al-Qur’an dan Sunnahnya, sekaligus percaya dan yakin atas segala sesuatu yang diturunkan Allah atas kitab-kitab terdahulu dan mereka yakin akan adanya akhirat.
 
Dalam Al Quran juga telah disebutkan jaminan atau balasan yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang bertakwa (muttaqin). Jaminan yang paling tinggi adalah mendapatkan surga. 
 
Mari simak video inspirasi qolbu bersama Ustadz Anwar Anshori Mahdum mengenai orang-orang yang bertaqwa. 
 
 

Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1152 Kali
Berita Terkait

0 Comments