Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/08/2020 09:06 WIB

Lamakanlah Ketika Rukuk dan Sujud

Sujud (foto: Istimewa)
Sujud (foto: Istimewa)
DAKTA.COM - Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya apabila seseorang hamba berdiri untuk shalat maka diletakkan semua dosa-dosanya di atas kepala dan kedua bahunya. Setiap kali, ia rukuk atau sujud berjatuhanlah dosa-dosanya itu." (HR At-Tabrani).
 
Dari hadist tersebut, menjelaskan ternyata semakin lama seorang rukuk dan sujud dalam shalat, maka semakin banyak dosa yang diampuni oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu umat muslim dianjurkan untuk melamakan rukuk dan sujudnya saat shalat. 
 
Selain dosa-dosanya digugurkan, seorang muslim yang melamakan dan menikmati rukuk dan sujudnya saat shalat akan terasa dekat dengan Yang Maha Kuasa.
 
Allah SWT berfirman,  "...bersujudlah dan mendekatlah kepada Allah". (QS Al Alaq : 19).
 
Karena pada posisi tersebut dimana seorang hamba terasa dekat dengan Sang Pencipta, maka para ulama menganjurkan untuk memperbanyak berdoa. Hal itu sebagimana sabda Nabi Muhammad SAW:
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud, maka perbanyaklah berdoa saat itu.” (HR. Muslim). Wallahu a'lam bish-shawabi. 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1372 Kali
Berita Terkait

0 Comments