Internasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 15/08/2020 12:10 WIB

Dubes Iran untuk PBB Lawan Ancaman Sanksi Amerika

Dubes Iran di PBB Majid Takht Ravanchi
Dubes Iran di PBB Majid Takht Ravanchi
NEW YORK, DAKTA.COM – Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa – Bangsa atau PBB, Majid Takht Ravanchi, memperingatkan pemerintah Amerika Serikat soal rencana mengembalikan semua sanksi terkait isu nuklir.
 
Dewan Keamanan PBB baru saja membahas soal embargo senjata Iran dan mengambil suara dengan hasil menolak perpanjangan embargo senjata seperti usulan AS.
 
“Penerapan sanksi apapun atau pembatasan terhadap Iran oleh Dewan Keamanan akan dilawan secara kuat oleh Iran. Dan opsi kami tidak terbatas. Dan AS dan setiap entitas yang membantunya dalam perilaku ilegal akan menanggung secara penuh akibatnya,” kata Ravanchi seperti dilansir Reuters pada Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Diplomat mengatakan AS bisa mulai melanjutkan langkah ancaman pasca keputusan DK PBB, yang menolak perpanjangan senjata Iran.
 
Namun, diplomat juga menilai langkah itu bisa membahayakan Perjanjian Nuklir Iran lebih jauh, yang telah rapuh.
 
Ini karena langkah AS itu bisa membuat Iran kehilangan insentif besar yang didapat dengan membatasi aktivitas pemrosesan energi nuklir.
 
Pemerintah Iran telah melanggar sejumlah batasan dalam perjanjian nuklir itu sebagai respon atas penarikan diri AS dari perjanjian ini pada 2018.
 
Soal ini, Duta Besar Amerika untuk PBB, Kelly Craft, mengatakan,”Dalam beberapa hari, AS akan melanjutkan janji untuk melakukan semua upaya memperpanjang embargo senjata.”
 
Secara terpisah, Duta Besar Cina untuk PBB, Zhang Jun, mengatakan hasil voting di DK PBB menunjukkan bahwa,”Sekali lagi, unilateralisme tidak mendapat dukungan dan perisakan akan gagal.”
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Tempo.co
- Dilihat 1007 Kali
Berita Terkait

0 Comments