Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/08/2020 15:26 WIB

Budayawan Duga Sumur Keramat di Kota Bekasi Peninggalan Padjajaran

Sumur Hulu Cai di wilayah Kranggan
Sumur Hulu Cai di wilayah Kranggan
BEKASI, DAKTA.COM - Budayawan Kota Bekasi, Suta Tjamin menceritakan asal muasal terjadinya tujuh sumur kramat yang berada di Kranggan, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna yang akan dijadikan destinasi wisata baru di Kota Bekasi.
 
Menurutnya, awal mula terjadinya tujuh sumur ini persisnya ia kurang begitu paham. Karena tidak ada bentuk tertulis peninggalan di sumur tersebut seperti di daerah lain.
 
"Tetapi peninggalan ini hanya berdasarkan dari cerita cerita orang tua saja bahwa sumur ini berasal dari zaman kerajaan Padjajaran sekitar dari abad ke-15 dari zamannya Siliwangi," ucap dia yang juga sekaligus pemerhati budaya di Kota Bekasi, Kamis (14/8).
 
Budayawan Kota Bekasi, Suta Tjamin
 
Suta mengatakan, sumur ini sudah terjadi sejak lama dan menjadi peninggalan dari zaman sebelumnya.
 
"Kalau dibilang istilah istilah di dalam Sunda itu adalah Karuhun (peninggalan dari leluhur) yang memang sudah ada dari dulu," terangnya. 
 
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto memasang tiga plang nama sumur dari tujuh sumur kramat yang berada di wilayah Kranggan, sumur ini pun nantinya dijadikan destinasi wisata baru di Kota Bekasi.
 
Ketiga sumur tersebut antara lain Sumur Sela Miring, Sumur Hulu Cai, dan Sumur Batu yang diketahui berasal dari zaman kerajaan Padjajaran atau sekitar dari tahun abad ke-15. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 3019 Kali
Berita Terkait

0 Comments