Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/08/2020 13:15 WIB

Pemkot Bekasi Minta Temuan Cagar Budaya di Stasiun Bekasi Dilestarikan

Temuan struktur bata diduga cagar budaya di Stasium Bekasi
Temuan struktur bata diduga cagar budaya di Stasium Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kota Bekasi mendorong PT KAI ikut melestarikan temuan cagar budaya di Stasiun Bekasi. Hal itu bagian dari mengembangkan nilai sejarah di Kota Bekasi.
 
"Kita berharap dari temuan benda sejarah itu dapat menjadi poin lebih dalam melestarikan budaya dan sejarah di Kota Bekasi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Tedi Hafni di Stasiun Bekasi, Kamis (13/8).
 
Temuan benda sejarah berbentuk struktur bata itu jika dilihat dari bentukan dan lokasi struktur diduga bagian dari sisa bangunan stasiun yang diperkirakan sudah dibangun oleh Belanda - Jerman sekitar tahun 1887 dan pernah dipugar pada tahun 1920.
 
"Kita mendorong agar ke depan dibangun tempat atau ruangan khusus untuk memajang hasil temuan sejarah tersebut. Sehingga penumpang kereta mengenal sejarah dan bisa menjadi spot foto," jelas Tedi.
 
Selain tumpukan batu bata yang diduga berfungsi sebagai aliran air, juga ada jendala dengan ukuran besar terbuat dari kayu jati berada di bangunan lama Stasiun Bekasi sebelum dibongkar.
 
"Temuan ini sangat istimewa buat warga Kota Bekasi, karena kita dapat mengenal sejarah Bekasi dan Perkeretaapian," ujarnya.
 
Sebelumnya, dalam pengerjaan proyek  double double track di Stasiun Bekasi, pekerja menemukan sebuah struktur batu bata yang diduga peninggalan pada zaman Belanda Jerman.
 
Tim ahli cagar budaya Kota Bekasi sudah melihat langsung keberadaan benda bersejarah itu. Diketahui benda dengan struktur batu bata itu sepanjang kurang lebih 15 meter dengan ukuran batu bata panjang 28 cm dengan lebar 15 cm dengan ketebalan 5 cm yang terpendam di bawah tanah Stasiun Bekasi. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1543 Kali
Berita Terkait

0 Comments