Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/08/2020 08:33 WIB

DPR Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Insentif UMKM

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKS, Nevi Zuairina (dok/DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKS, Nevi Zuairina (dok/DPR RI)
JAKARTA, DAKTA.COM - Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKS, Nevi Zuairina meminta Pemerintah mempercepat penyaluran berbagai insentif dan bantuan terutama bagi UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, 
 
Nevi menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah minus 5,32 persen pada kuartal II 2020. Oleh karenanya pada momen Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap 12 Agustus 2020, pemerintah harus mempercepat realisasi penyaluran bantuan UMKM terutama yang terdampak Covid-19.
 
"Merosotnya perekonomian nasional ini sangat memukul UMKM yang selama ini menopang perekonomian nasional. Sumbangan UMKM terhadap perekonomian Indonesia menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja, menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja dan menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (12/8). 
 
Nevi menyayangkan peluang UMKM yang sangat berpotensi besar ini belum menjadi perhatian serius bagi pemerintah.
 
Ia mengatakan memang pemerintah telah menganggarkan Rp123,46 triliun untuk bantuan UMKM yang terdampak, namun realisasinya hingga 21 Juli 2020, penyaluran bantuan UMKM terdampak Covid-19 tercatat baru 9,59 persen dari target Rp123,46 triliun.
 
"Program bantuan bagi UMKM ini sebenarnya sudah masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional, tapi realisasi penyalurannya masih sangat lambat. Pemerintah perlu segera percepat belanja pemerintah dan pencairan BLT," kata Nevi. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 839 Kali
Berita Terkait

0 Comments