Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/08/2020 13:51 WIB

Airlangga Minta UMKM Manfaatkan Digitalisasi

Airlangga Hartarto (ist)
Airlangga Hartarto (ist)
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bangkit dengan memanfaatkan digitalisasi sehingga mampu mendorong perekonomian Indonesia.
 
“Kami berharap pelaku UMKM bisa memanfaatkan digitalisasi karena potensinya luar biasa,” kata Airlangga Hartarto dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (11/8).
 
Airlangga Hartarto menyatakan potensi dari pemanfaatan digitalisasi sangat besar karena pasar di Indonesia melalui platform digital mencapai 125 miliar dolar AS sampai 2025.
 
“Potensinya luar biasa karena sampai tahun 2025 pasar di Indonesia, market dari digitalisasi itu 125 miliar dolar AS,” ujarnya.
 
Sementara itu Ia mengatakan, pemerintah juga turut berupaya meningkatkan kemampuan usaha dan pemasaran produk UMKM, yaitu melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bagi pelaku usaha mikro.
 
“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tersebut mendukung digitalisasi yang ditargetkan kepada dua juta UMKM,” ujarnya.
 
Oleh sebab itu saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian KUKM, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, LKPP, serta K/L lainnya sedang mendorong pembelian produk UMKM melalui platform digital.
 
“Diharapkan dapat membeli produk UMKM melalui aplikasi serta e-katalog dan laman UMKM untuk pengadaan barang/jasa,” kata Airlangga Hartarto.
 
Tak hanya itu, Airlangga menyatakan pemerintah juga sedang menyiapkan program untuk 12 juta pelaku usaha mikro yang tidak menerima kredit perbankan dengan nilai bantuan sebesar Rp2,4 juta.
 
“Program ini sedang disiapkan Kemenkop UKM dan akan segera diluncurkan,” tegasnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Antara
- Dilihat 1012 Kali
Berita Terkait

0 Comments