Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/08/2020 13:31 WIB

Wilayah Selatan Kabupaten Bekasi Mulai Kekeringan

ilustrasi kekeringan
ilustrasi kekeringan
CIKARANG, DAKTA.COM - Kabupaten Bekasi memiliki potensi rawan bencana alam, seperti banjir, kekeringan, tanah longsor, dan beberapa bencana lainnya yang kerap datang di musim tertentu.
 
Periode pertengahan tahun merupakan situasi rawan bencana kekeringan, hal ini terjadi di kecamatan yang ada di wilayah selatan seperti Cibarusah, Bojongmangu, Serang Baru, dan beberapa kecamatan lain.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan memang sejauh ini sudah ada laporan mengenai kekeringan yang disebabkan karena musim kemarau.
 
"Tetapi untuk pengiriman air yang biasanya dilakukan oleh BPBD melalui mobil tangki air belum dilakukan," ucapnya di Cikarang, Selasa (11/8).
 
Ia mengatakan, hal itu mengingat stok air di wilayah sana masih ada, beberapa program penyediaan air seperti embung yang telah dilakukan mampu memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau.
 
"BPBD masih melihat perkembangan terkait kekeringan di wilayah selatan, kemungkinan jika 3 bulan kondisinya masih seperti ini maka kami akan mengirimkan air," katanya.
 
Said menambahkan, potensi bencana kekeringan menjadi rutinitas setiap tahun di Kabupaten Bekasi, karena wilayah selatan merupakan dataran tinggi dan cenderung kering.
 
Ia mengaku, kedepannya pemerintah daerah juga telah merencanakan program agar kekeringan di wilayah selatan Bekasi yang setiap tahun terjadi bisa diatasi. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1672 Kali
Berita Terkait

0 Comments