Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 03/09/2015 13:46 WIB

KPAI: Rusunawa Jatinegara Tidak Ramah Anak

Maria Ulfa Anshor Komisioner KPAI
Maria Ulfa Anshor Komisioner KPAI

JAKARTA_DAKTACOM: Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat yang dijadikan tempat tinggal untuk warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, ternyata belum sepenuhnya ramah anak.

Tidak adanya tempat bermain bagi anak dan keamanan yang memadai, menjadikan rusunawa belum layak untuk anak.

Hal ini diketahui setelah Komisioner KPAI Maria Ulfah Anshor melakukan sidak di Rusunawa tersebut. Dari hasil temuan di lapangan, tempat bermain yang disediakan sangat minim, lokasinya pun di lorong sempit dekat toilet umum.

"Selain itu, tidak adanya teralis di setiap ruangan, mengancam anak-anak. Bisa saja, secara tidak sengaja, mereka lompat dari jendela yang tidak ada pengamannya," ujar Maria Ulfah Anshor usai mendatangi Rusunawa Jatinegara Barat, Senin (1/9).

Selain itu, warga korban penggusuran Kampung Pulo, Jakarta Timur, mengeluhkan tidak adanya perlindungan terhadap anak-anak saat penggusuran rumah mereka.

Aparat tidak memperhatikan keselamatan anak-anak. Salah satunya, aliran listrik yang belum diputus mengancam anak-anak yang banyak berkeliaran di lokasi pembongkaran.
 
"Banyak masalah yang belum diselesaikan. Seperti perpindahan alamat. Ini menyulitkan karena nanti harus ganti SIM, STNK dan BPKB. Anak-anak juga begitu harus ganti alamat sekolah," ujar Evi, salah seorang warga.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis KPAI
- Dilihat 1045 Kali
Berita Terkait

0 Comments