Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 08/08/2020 12:20 WIB

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung 2.000 Meter, 4 Kecamatan Terdampak

Erupsi Gunung Sinabung
Erupsi Gunung Sinabung
MEDAN, DAKTA.COM - Sebanyak empat kecamatan terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Empat kecamatan itu ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
 
Gunung Sinabung erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dini hari tadi. Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terdampak.
 
"Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka," kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muhamad Nurul Assori di Kabupaten Karo, Sabtu (8/8/2020) seperti dilansir Antara.
 
Pihak Pos PVMBG mengimbau warga menggunakan masker atau pelindung diri agar tidak terpapar abu vulkanik.
 
Warga juga diimbau tidak memasuki zona merah kawasan Sinabung karena masih tinggi aktivitas vulkanik gunung itu. "Imbauan warga apabila terdampak abu memakai masker dan pelindung diri," ujarnya.
 
Gunung Sinabung pada Sabtu, pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak gunung itu atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.
 
Erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi COVID-19 setelah yang terakhir pada 9 Juni 2019 dengan melontarkan abu vulkanik kurang lebih 7.000 meter di atas puncak atau 9.460 meter di atas permukaan laut.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikcom
- Dilihat 938 Kali
Berita Terkait

0 Comments