Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/08/2020 15:23 WIB

Belajar Geografi Secara Virtual

Ilustrasi mempelajari ilmu geografi (istimewa)
Ilustrasi mempelajari ilmu geografi (istimewa)
BEKASI, DAKTA.COM - Geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim penduduk, flora, fauna serta hasil yang diperoleh oleh bumi.
 
Pembelajaran geografi tidak jauh-jauh dari praktek untuk observasi dan berinteraksi langsung dengan lingkungan, tempat, hingga studi mengenai kebumian.
 
Namun karena adanya pandemi Covid-19, para siswa hingga mahasiswa diharuskan belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. 
 
Dosen FKIP UHAMKA, Drs. Sunaryo, M.Pd mengatakan pembelajaran geografi itu mengenai kajian fisik seperti kebumian dan humaniora berkaitan dengan kegiatan sosial manusia.
 
Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 ini menuntut para pelajar agar tetap produktif mempelajari ilmu geografi, meskipun dengan keterbatasan ruang.
 
"Sejak jauh-jauh hari di Uhamka sudah menerapkan konsep belajar virtual menggunakan aplikasi-aplikasi yang tren," ucapnya dalam Bincang Pendidikan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Kamis (6/8).
 
Sunaryo menjelaskan, dengan berkembangnya teknologi saat ini, mempelajari ilmu geografi menjadi lebih mudah karena dibantu aplikasi yang canggih. 
 
"Misalnya belajar geografi dari aplikasi Google Maps atau Google Earth yang menghadirkan ruang secara nyata dan melatih kepekaan belajar indoor dan outdoor melalui internet," tuturnya.
 
Menurutnya, aplikasi-aplikasi semacam itu sangat bermanfaat dan mempermudah dalam belajar geografi, namun tentunya harus dibantu dengan materi-materi dan penjelasan dari dosen.
 
Bincang Pendidikan bersama Dosen FKIP UHAMKA, Sunaryo melalui Zoom
 
Mata kuliah geografi di Uhamka sendiri dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti laboratorium dan dibimbing oleh dosen yang berkompeten. Mahasiswa Uhamka mata kuliah Pendidikan Geografi lebih difokuskan pada bidang keguruan, sehingga diharapkan melahirkan mahasiswa yang mahir di bidang pendidikan geografi.
 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) beralamat di Jl Tanah Merdeka No 20 Rambutan Ciracas Jakarta Timur. Informasi penerimaan mahasiswa baru FKIP Uhamka dapat diperoleh melalui pmb.uhamka.ac.id atau 0858 1300 1600. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 838 Kali
Berita Terkait

0 Comments