Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/08/2020 13:30 WIB

Terdampak Corona, Seniman di Kabupaten Bekasi Terpaksa Jual Alat Musik

Ilustrasi bermain gitar (istimewa)
Ilustrasi bermain gitar (istimewa)
CIKARANG, DAKTA.COM - Seniman musik yang tergabung dalam Keyboardist Lintas Wilayah (KILAW) Kabupaten Bekasi mengaku pendapatannya terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.
 
Pembina KILAW, Supriadi Malidar mengatakan organisasinya itu merupakan perkumpulan pemusik organ tunggal atau Keybordist yang berada di beberapa wilayah seperti Bekasi, Bogor, dan sebagainya dengan anggota mencapai 300 orang.
 
Ia menyampaikan, biasanya setiap pesta pernikahan selalu mengundang organ tunggal, namun karena adanya Covid-19 pesta dilarang sehingga berimbas pada tidak adanya pendapatan bagi seniman musik organ tunggal yang tergabung ke dalam KILAW Kabupaten Bekasi.
 
"Selama masa pandemi, banyak anggota kami terdampak, bahkan sampai menjual alat musik untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari serta mengamen," ungkapnya di Cikarang, Kamis (6/8).
 
Oleh karena itu, beberapa waktu lalu, KILAW sempat melakukan donasi bagi anggotanya yang terdampak Covid-19.
 
Supriadi menambahkan, sejauh ini masa menjelang penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB), organisasinya itu sempat diundang oleh Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi untuk menyosialisasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan.
 
"Kedepan, pertunjukan budaya termasuk pesta pernikahan sudah mulai boleh diadakan sehingga kami bisa kembali memperoleh pendapatan," ujarnya.
 
Pihaknya juga akan menyosialisasikan terkait dengan peraturan protokol kesehatan kepada anggotanya saat manggung, selain meminta pemerintah daerah untuk konsisten menerapkan aturan memperbolehkan kegiatan pesta pernikahan.
 
"Karena terkadang di Pemerintah Kabupaten Bekasi boleh mengadakan acara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tetapi di pemerintahan bawahnya seperti kecamatan dan desa tidak boleh," katanya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 1247 Kali
Berita Terkait

0 Comments